Share

Dear Traveler, Hindari Jenis Minuman Ini Saat Penerbangan Demi Terhindar Dehidrasi

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 406 2536394 dear-traveler-hindari-jenis-minuman-ini-saat-penerbangan-demi-terhindar-dehidrasi-GiW9lJWbFJ.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Seringkali traveler mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan saat penerbangan. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya konsumsi air putih.

Selain itu, udara dan tingkat kelembaban udara dalam kabin pesawat cenderung rendah dibandingkan kondisi di luar pesawat.

Tekanan udara dalam kabin pesawat diperkirakan lebih rendah sekitar 20 persen, hampir mirip dengan kelembaban udara rata-rata di Gurun Sahara. Hal ini juga memicu dehidrasi.

infografis

Baca Juga:

Pemilik Sempat Frustrasi, Anjing Peliharaan yang Hilang Ditemukan Setelah Diumpani Sosis

Awas, Jangan Pernah Pakai Barang Ini saat Anda Menginap di Hotel

Melansir Thrillist, untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan menjaga kesehatan selama penerbangan, sebaiknya kamu menghindari beberapa jenis minuman untuk dikonsumsi.

Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol. Minuman jenis ini seperti kopi, teh, bir dan wine memiliki efek diuretik, sehingga dapat memicu tubuh untuk memproduksi urin lebih banyak.

Untuk melembabkan saluran hidung, kamu bisa menggunakan lotion pelembab kulit atau saline nasal spray.

Sedangkan untuk menjaga kondisi mata, disarakankan untuk mengganti lensa kontak dengan kacamata dalam perjalanan di pesawat, untuk menghindari terjadinya mata kering.

Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi sekitar dua liter air putih selama 10 jam penerbangan.

Hal ini untuk menggantikan cairan tubuh kamu yang hilang setiap jamnya akibat udara yang kering.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini