Share

Ngumpet di Roda Pesawat, Pria Ini Terbang 11 Jam ke Belanda dengan Selamat

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 406 2537060 ngumpet-di-roda-pesawat-pria-ini-terbang-11-jam-ke-belanda-dengan-selamat-VKmHzS0bQR.jpg Ilustrasi roda pesawat (Shutterstock)

SEORANG pria selamat setelah 11 jam bersembunyi di ruang roda pesawat yang terbang dari Afrika Selatan menuju Belanda. Penumpang gelap itu diketahui menyelinap ke pesawat kargo dari Afrika Selatan.

Petugas mendapati pria yang belum diketahui identitasnya itu setelah pesawat mendarat di Bandara Schiphol, Amsterdam.

 Baca juga: Kisah Nenek Marilyn, 19 Tahun Kelabui Petugas Jadi Penumpang Gelap Pesawat

Menurut laporan CNN, pria diyakini berusia antara 16 sampai 35 tahun itu bersembunyi selama lebih dari 11 jam sejak pesawat meninggalkan Johannesburg.

"Kami mengetahui bahwa seseorang ditemukan bersembunyi di pesawat kargo di platform kargo bandara," kata Juru Bicara Bandara Schiphol Willemeike Koster sebagaimana dilansir dari News.com.au, Senin (24/1/2022).

 

Dia ditemukan selamat dan stabil oleh kru darat yang pertama kali melihatnya. Pria itu segera dibawa ke rumah sakit Amsterdam.

 Baca juga: Tolak Pakai Masker di Pesawat, Pelatih Sepak Bola Terancam 20 Tahun Penjara

"Kami terkejut menemukan pria ini, tetapi lebih terkejut lagi karena dia masih hidup setelah pesawat terbang lebih dari 10.000 (kilometer) dalam suhu yang sangat, sangat dingin," kata juru bicara Polisi Militer Kerajaan Belanda Joanne Helmonds.

“Ketika pria tersebut telah pulih dan dinyatakan sembuh oleh rumah sakit, selanjutnya akan diproses di Asylum Seekers Center (AZC) di mana statusnya akan ditentukan apakah dia memang mencari suaka," lanjutnya.

"Sangat luar biasa bahwa pria itu masih hidup."

Kejadian langka

Sangat jarang kasus penumpang gelap bisa bertahan dalam penerbangan jarak jauh, mengingat suhu beku dan kadar oksigen rendah.

Pada tahun 2001, tubuh Mohammed Ayaz (21) dari Pakistan ditemukan di tempat parkir dekat Bandara Heathrow.

 Ilustrasi

Menurut BBC, pada tahun 2007 tubuh seorang pria muda ditemukan di roda pendaratan pesawat British Airways di Los Angeles, sedangkan pada tahun 2012, tubuh seorang pria ditemukan di ruang bawah pesawat di Heathrow setelah penerbangan dari Kota Tanjung.

Baru-baru ini, seorang warga Rumania berusia 20 tahun yang selamat ditemukan di dalam ruang roda setelah penerbangan dari Wina ke Bandara Heathrow.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini