Share

Begini Syarat Naik Pesawat Terbaru per Januari 2022

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 406 2537146 begini-syarat-naik-pesawat-terbaru-per-januari-2022-4CAbDOAtuV.jpg Penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Lion Air)

PESAWAT jadi moda transportasi favorit masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh. Selama pandemi COVID-19, syarat naik pesawat memang beberapa kali berubah menyesuaikan kondisi. Memasuki 2022, persyaratan perjalanan dengan pesawat dalam negeri tidak banyak mengalami perubahan.

Syarat naik pesawat terbaru masih berdasarkan Surat Edaran Nomor SE 96 Tahun 2021 dan Surat Edaran Nomor 22 Tahun 2021, berikut isinya.

Syarat Naik Pesawat Tarbaru per Januari 2022

Penerbangan dari atau ke bandarudara di Pulau Jawa dan Pulau Bali serta antarbandara udara di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali, wajib menunjukkan:

 Baca juga: Mau Naik Pesawat Saat Libur Nataru, Wajib PCR atau Cukup Antigen?

1. Surat keterangan negatif rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan dan kartu vaksin dosis kedua, atau

2. Surat keterangan hasil negatif tes PCR maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan dan kartu vaksin minimal dosis pertama

 

Sedangkan, syarat naik pesawat domestik di luar wilayah Pulau Jawa dan Bali adalah sebagai berikut :

3. Menunjukkan kartu vaksin (minimal dosis pertama) dan hasil negatif PCR dengan waktu maksimal; 3 x 24 jam sebelum keberangkatan atau hasil negatif rapid test antigen 1 x 24 jam sebelum keberangkatan

 Baca juga: Tolak Pakai Masker di Pesawat, Pelatih Sepak Bola Terancam 20 Tahun Penjara

Selain mentaati syarat naik pesawat 2022 terbaru, pelaku perjalanan juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, seperti menggunakan masker medis, tidak diperkenankan berbicara satu arah atau dua arah.

Selain itu, pelaku perjalanan juga tidak diperkenankan makan dan minum sepanjang perjalanan dan diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan..

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini