Share

Keren! Air Terjun Tri Sakti Dilengkapi Pembangkit Listrik Mikro Hidro demi Manjakan Pengunjung

Antara, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 406 2537235 keren-air-terjun-tri-sakti-dilengkapi-pembangkit-listrik-mikro-hidro-demi-manjakan-pengunjung-i0Bzxeo1rq.JPG Air Terjun Tri Sakti, Rejang Lebong, Bengkulu (Foto: Antara)

KAWASAN wisata Air Terjun Tri Sakti di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu kini dilengkapi penerangan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) guna menunjang kenyamanan pengunjung yang datang ke tempat wisata itu.

Direktur BUMDes Belirang Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi selaku pengelola kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti, M Soleh mengungkapkan, pemasangan listrik yang bersumber dari PLTMH ini dilakukan dengan bantuan dana desa (DD) setempat.

"Saat ini sudah dipasang dan sudah menyala, tinggal peresmian saja. Kapasitas PLTMH ini 5.000 watt dan diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan listrik sejumlah fasilitas yang ada di kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti seperti untuk kebutuhan glamping, mushola, toilet dan lainnya," tuturnya.

Ia menjelaskan, pemasangan listrik PLTMH tersebut dibiayai oleh DD Belitar Seberang tahun anggaran 2021 lalu sebesar Rp100 juta dan ditambah dengan swadaya masyarakat.

Baca juga: 4 Wisata Air Terjun Keren di Indonesia, Yuk Jelajahi

"PLTMH ini nantinya akan dioperasionalkan di bawah BUMDes Belirang guna memenuhi kebutuhan unit usaha salah satunya kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti. Pemasangan PLTMH ini dilakukan karena untuk memanfaatkan listrik PLN jaraknya dari desa cukup jauh," terangnya.

Sejauh ini pembangunan sarana prasarana pendukung obyek wisata Air Terjun yang memiliki ketinggian 100 meter dan air yang keluarnya selain dingin juga ada air panasnya itu, tambah dia, terus mereka lakukan dengan memanfaatkan dana penyertaan modal dari dana desa, kemudian swadaya masyarakat serta hadiah menang lomba desa tingkat Provinsi Bengkulu pada 2021 lalu sebesar Rp50 juta.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

"Kendalanya saat ini adalah akses jalan menuju ke lokasi wisata yang masih buruk, kami berharap Pemkab Rejang Lebong bisa membangun akses jalan sehingga memudahkan pengunjung untuk datang, apalagi Air Terjun Tri Sakti sekarang mulai dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan," tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, M Budianto menyebutkan pada tahun ini di daerah itu ada dua ajang bidang kepariwisataan dalam skala besar diantaranya jelajah alam yang akan dilaksanakan di kawasan wisata Air Terjun Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, pada Agustus 2022.

Sedangkan ajang lainnya ialah Festival Bukit Kaba yang akan dilaksanakan di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang pada akhir 2022 mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini