Share

Kisah Pria Terbang 11 Jam ke Amsterdam Sembunyi di Roda Pesawat, Berikut Faktanya

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 406 2537306 kisah-pria-terbang-11-jam-ke-amsterdam-sembunyi-di-roda-pesawat-berikut-faktanya-0rlVDMgtYZ.JPG Roda pesawat (Foto: Freepik)

SEORANG penumpang 'gelap' bersembunyi di bagian roda depan sebuah pesawat kargo ditemukan selamat dalam penerbangan selama 11 jam dari Afrika Selatan menuju Belanda.

Ajaibnya, penumpang gelap di pesawat kargo Cargolux 747 dalam keadaan hidup dan sehat meskipun perjalanan yang sulit setelah tiba di Bandara Schiphol, Amsterdam. Polisi militer Belanda mengatakan, pria itu ditemukan di bagian roda di bawah badan pesawat.

"Pria itu baik-baik saja mengingat keadaan dan telah dibawa ke rumah sakit," kata petugas.

Juru bicara Marechausse Joanna Helmonds mengatakan, usia dan kewarganegaraan pria itu belum diidentifikasi.

Baca juga: Ngumpet di Roda Pesawat, Pria Ini Terbang 11 Jam ke Belanda dengan Selamat

Perbuatan gila

Perhatian pertama adalah untuk kesehatannya. Insiden ini sangat tidak biasa, di mana seseorang mampu bertahan dari cuaca dingin pada ketinggian seperti itu.

Infografis Pesaat

Sementara juru bicara maskapai kargo Cargolux mengonfirmasi dalam email bahwa penumpang gelap itu berada dalam penerbangan yang dioperasikan oleh Cargolux Italia.

"Kami tidak dalam posisi untuk membuat komentar lebih lanjut sampai pihak berwenang dan maskapai menyelesaikan penyelidikannya," ungkap juru bicara.

Satu-satunya penerbangan kargo Cargolux yang tiba di Schiphol pada Minggu, yakni sebuah pesawat kargo Boeing 747 yang melakukan perjalanan dari Johannesburg dan berhenti di Nairobi, Kenya. Dan pihak bandara menolak untuk menjawab pertanyaan tentang insiden itu.

Bukan pertama kali

Tahun lalu, seorang penumpang gelap selamat dari penerbangan sejauh 5.600 mil dengan berpegangan pada roda pesawat pada suhu -60 derata Celsius, sedangkan pasangannya jatuh hingga tewas.

Themba Cabeka (30) memegang bagian bawah pesawat selama 11 jam penerbangan dari Afrika Selatan ke London Heathrow pada tahun 2015 silam.

Seorang penumpang gelap diduga ditemukan di roda pendaratan pesawat setelah bersembunyi dalam penerbangan dari Guatemala ke Miami, terekam dalam video pada Sabtu.

Sekadar informasi, pada 2019 lalu, sesosok tubuh migran penumpang gelap terjun bebas 3.500 kaki hingga tewas di sebuah taman wilayah Clapham, London, di mana saat bersamaan terdapat seorang penyewa sedang asyik berjemur. (PUT)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini