Share

Viral Pria Dayak Pamer Mandau Melayang, Netizen: Pak Edy Tidurnya Nyenyak Gak

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 406 2537854 viral-pria-dayak-pamer-mandau-melayang-netizen-pak-edy-tidurnya-nyenyak-gak-1k7MxdfRzq.JPG Pria Dayak pamer mandau terbang viral di media sosial (Foto: Instagram/@fakta.indo)

SUKU Dayak dalam beberapa hari terakhir cukup ramai menghiasi pemberitaan di media massa. Pemicunya tak lain gara-gara ucapan mantan caleg gagal PKS, Edy Mulyadi yang menyebut jika lokasi calon ibu kota negara baru di Kalimantan sebagai tempat jin buang anak, genderuwo hingga kuntilanak.

Perkataan kasar tersebut sangat menyinggung perasaan orang asli Kalimantan, termasuk Suku Dayak yang dikenal sangat santun dan bertoleransi tinggi.

Suku yang dikenal dengan kekuatan magisnya yang diwarisi sejak nenek moyangnya ini memang bukan kaleng-kaleng.

Jangan main-main dengan orang Dayak, mungkin itulah pesan yang ingin disampaikan melalui video yang viral di media sosial berikut ini.

Baca juga: Mengenal Pasukan Merah Dayak, Tersohor Sebagai Pasukan Elite

Sebuah video menampilkan seorang pria memamerkan kekuatan mistis pada mandau sakti yang dimilikinya.

Dalam klip yang diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo pada Selasa, 25 Januari 2022 itu menunjukkan pria itu melakukan ritual dengan meletakkan sebilah mandau di atas nampan besi seraya diasapi dupa atau kemenyan. Dengan merapal mantra singkat seketika mandau tersebut terbang dan melayang-layang di udara.

"Seorang warga dari suku Dayak Kalimantan memperlihatkan kekuatan mistis Mandau terbang," tulis keterangan video.

Seperti diketahui, mandau ialah senjata tradisional masyarakat Dayak yang bisa dipakai untuk berperang, senjata ini disebut memiliki kekuatan mistis dan cukup sakti lantaran bisa terbang sendiri dan menyasar musuh yang diperintah oleh tuannya.

Video tersebut lantas memantik beragam komentar dari warganet,

"Anda sopan kami pun segan 🙏🙏🙏🙏🙏," tulis pemilik akun @harr****uwa.

"Tolong segera diantarkan ke tujuan," timpal @recital_****dra.

"Gimana pak edy tidurnya nyenyak gak?" sebut @arya****awan_.

"Pak Edy Mulyadi dh siap nerima tamu Mandau Terbang gk neeeh... 😂," tambah @syams****ariadi.

Sementara, Edy Mulyadi sebelumnya telah meminta maaf kepada seluruh pihak yang kecewa dan marah atas pernyataannya yang menyebut Kalimantan sebagai tempatnya jin buang anak.

Menurutnya diksi 'tempat jin buang anak' bukan bermaksud menghina, namun lebih diartikan sebagai penggambaran 'tempat yang jauh'.

"Di Jakarta, tempat jin buang anak itu untuk menggambarkan tempat yang jauh. Jangankan Kalimantan, Monas di Jakarta itu dulunya tempat jin buang anak. BSD Bumi Serpong Damai itu pada 1980 an masih tempat jin buang anak," ujarnya melalui YouTube @bangedychannel, dikutip Senin, 24 Januari 2022.

"Bagaimanapun juga saya tetap minta maaf kalau ucapan saya dianggap melukai. Sekali lagi saya tekankan, tempat jin buang anak itu buat saya, kami bener-bener hanya untuk menggambarkan tempat yang jauh. Enggak ada pertensi untuk merendahkan. Enggak ada," katanya lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini