Share

Luncurkan Aplikasi Tlusure, Sandiaga: Semoga Wisatawan Makin Nyaman Berwisata di Tanah Air

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 406 2538180 luncurkan-aplikasi-tlusure-sandiaga-semoga-wisatawan-makin-nyaman-berwisata-di-tanah-air-gTxzzh5gq7.jpeg Menparekraf Sandiaga Uno (Antara)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri peluncuran aplikasi Tlusure buatan anak bangsa yang bisa memandu wisatawan saat liburan di Indonesia.

Aplikasi ini dihadirkan untuk wisatawan guna memperoleh informasi terkait kondisi destinasi wisata yang masuk dalam zona hijau atau zona lainnya, rekomendasi terhadap pengguna untuk berkunjung ke destinasi wisata tertentu, hingga terkait protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Bebas Berwisata, Penonton MotoGP Mandalika 2022 Tak Kena Travel Bubble

“Mudah-mudahan wisatawan lebih nyaman berwisata di Tanah air,” kata Sandiaga dalam peluncuran aplikasi Tlusure yang berlangsung secara online di Jakarta, Rabu (26/1/2022).

Pandemi COVID-19 membuat kunjungan wisatawan dari mancanegara ke Indonesia menurun drastis, sehingga berdampak pada menurunnya penghasilan 34 juta masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tapi, nilai ekonomi digital justru meningkat selama pandemi karena perubahan pola konsumsi masyarakat.

“Perubahan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia akibat pandemi tercermin dari peningkatan jumlah konsumen digital yang mencapai 21 juta sejak Januari 2021,” ujar Sandiaga.

Baca juga: 6 Benda Penting yang Harus Dibawa Saat Plesiran, Jangan Sampai Tertinggal

Perubahan perilaku konsumsi masyarakat Indonesia yang saat ini makin familiar dengan dunia digital, mempercepat perubahan karakteristik ekonomi pariwisata baru yang melihat banyak faktor seperti kebersihan, level mobilitas, dan tingkat keramaian. Perubahan di jaman yang makin modern dikatakan Menpar Sandi wajib diadaptasi para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Transformasi digital di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan suatu keniscayaan yang harus diadaptasi oleh para pelaku industri. Aplikasi Tlusure, salah satu bukti nyata upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pariwisata paska pandemi Covid-19,” tambahnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Sandiaga berharap dengan memanfaatkan aplikasi berbasis teknologi ini, bisa membantu masyarakat beraktivitas di luar rumah sehari-hari, termasuk berwista dengan protokol kesehatan ketat dan nyaman di era new normal.

Sebab masyarakat bisa mengakses informasi terutama tentang prokes seperti tingkat keramaian suatu tempat, tingkat kepatuhan penerapan protokol kesehatan di tempat tersebut, hingga apakah tempat-tempat tersebut sudah tersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability) dari Kemenparekraf RI atau belum ini bisa sangat membantu aktivitas wisatawan.

ilustrasi

“Harapannya wisatawan bisa lebih nyaman untuk berwisata di Tanah Air, aplikasi ini akan jadi pemandu wisatawan selama liburan dengan aman, memberikan informasi tentang lokasi dan kondisi destinasi wisata yang masuk di dalam zona hijau dalam berbagai situasi. Sekaligus juga akan membantu dalam melakukan tracing, tracking, dan testing pencegahan penularan Covid-19,” tutup Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini