Share

Catat! Ini 6 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan saat Naik Pesawat

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 406 2538266 catat-ini-6-cara-mencegah-mabuk-perjalanan-saat-naik-pesawat-1FkoOEbOFG.jpg Ilustrasi mabuk di pesawat (stutterstock)

TIPS mencegah mabuk saat terbang ini wajib kamu ketahui sebelum bepergian. Mabuk perjalanan memang tak hanya terjadi saat naik transportasi darat, tetapi juga di pesawat.

Apalagi jika pesawat mengalami turbulensi, sebagian orang pasti merasa mual, pusing hingga muntah. Nah, untuk mensiasati hal tersebut, MNC Portal Indonesia telah merangkum enam tips mencegah mabuk saat terbang, dikutip dari Dramamine, Kamis (27/1/2022).

1. Pilih tempat duduk strategis

Tips mencegah mabuk saat terbang yang pertama adalah duduk di tempat strategis. Selama penerbangan, kamu akan melalui arus udara disertai sedikit goyangan normal. Namun, beberapa kursi bisa memberikan goyangan yang lebih hebat daripada kursi lainnya.

Baca juga: Jangan Dipakai, Ini 5 Outfit Terlarang saat Naik Pesawat!

Oleh karena itu, pilihlah tempat duduk di antara sayap pesawat atau lebih dekat ke bagian depan pesawat, di mana perjalanan cenderung lebih stabil dan hindari duduk di bagian belakang pesawat.

2. Cobalah untuk bersantai

Kecemasan dan stres dapat memperburuk mabuk perjalanan, bahkan bisa membuatnya bertahan lebih lama. Jika kamu memang takut terbang, maka pertimbangkan untuk belajar meditasi atau latihan pernapasan agar tetap rileks sebelum dan selama penerbangan.

Sementara jika kamu belum pernah terbang sebelumnya, bicaralah dengan seseorang yang berpengalaman agar kamu dapat memahami suara serta gerakan normal pesawat terbang. Sehingga, kamu tidak akan takut ketika mendengarnya secara langsung. Yang terpenting, terapkan pola pikir positif bahwa semuanya akan baik-baik saja sepanjang penerbangan.

3. Jauhi makanan berminyak atau pedas

Makanlah makanan ringan sebelum melakukan penerbangan, baik malam sebelum maupun siang hari mendekati jadwal penerbangan. Belilah biskuit atau camilan hambar lainnya di bandara untuk membantu perut kamu jika terasa lapar atau sakit.

Baca juga: Ngumpet di Roda Pesawat, Pria Ini Terbang 11 Jam ke Belanda dengan Selamat

Perlu diingat, jauhi makanan berminyak dan pedas sebelum ataupun selama penerbangan. Selain itu, batasi juga asupan garam karena penerbangan dapat menyebabkan dehidrasi.

4. Hindari perangkat digital dan bahan bacaan

Membaca, baik dari buku, majalah, atau perangkat digital, dapat menyebabkan mabuk perjalanan, bahkan memperburuknya. Jika kamu memang senang membaca, cobalah buku audio dan mendengarkannya menggunakan headphone.

Hindari film thriller yang menegangkan, novel misteri, atau apa pun tentang hal mengerikan agar kamu bisa tetap santai selama penerbangan.

5. Mintalah ginger ale dari gerobak minuman

Pramugari biasanya akan datang membawa gerobak minuman di pesawat. Nah, pilihlah ginger ale atau air soda daripada cola, jus, atau alkohol.

Pasalnya, ginger ale dapat membantu menghilangkan rasa mual selama penerbangan. Minumlah secara perlahan dalam tegukan kecil daripada harus meneguknya dengan cepat.

 ilustrasi

6. Konsumsi obat antimual

Cara ini dapat menjadi langkah pamungkas apabila seluruh tips di atas belum mampu mengatasi mabuk perjalanan yang terjadi. Cobalah konsumsi obat antimual seperti ephedrine, alprazolam, diazepam, prochlorperazine, dan ondansetron.

Setelah mengkonsumsi obat anti mual, seseorang biasanya akan merasa mengantuk dan tertidur. Nah, ketika tertidur, tubuh cenderung tidak akan merasakan guncangan atau perasaan pusing, sehingga cara ini dianggap cukup efektif. Untuk memastikan keamanan penggunaan obat-obatan tersebut, disarankan berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini