Share

Awas Banyak Kuman, Perhatikan 4 Hal Ini saat Naik Lift Hotel!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 406 2538284 awas-banyak-kuman-perhatikan-4-hal-ini-saat-naik-lift-hotel-BsZxYeEsDO.jpg Ilustrasi lift (Freepik)

ADA beberapa hal perlu diperhatikan saat naik lift hotel. Meskipun terkesan 'sepele', tetapi nyatanya saat Anda berada di ruang tube sempit bersama orang lain, ada perilaku yang harus dijaga. Apa sajakah itu?

Simak ulasannya berikut sebagaimana dikutip dari BestLife :

1. Tombol lift hotel memiliki banyak kuman

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Upgraded Points, CEO Alex Miller dan timnya menemukan betapa kotornya tombol lift hotel. Mereka telah melakukan tes usap bakteri pada tombol lift di 12 hotel berbeda. Penyeka ini kemudian dikirim ke Eurofins EMLab P&K Laboratories untuk dianalisis.

 Baca juga: Sediakan Kamar Menghadap Langsung ke Kandang Harimau, Hotel Ini Banjir Kecaman

Hasil penelitian menemukan bahwa hanya dengan menyentuh tombol lift, Anda dapat membahayakan kesehatan pribadi Anda.

Setelah menguji permukaan dari 12 hotel, jumlah rata-rata bakteri yang ditemukan pada tombol lift adalah 149.470 unit pembentuk koloni per inci persegi. Oleh karena itu, Anda harus mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuhnya.

"Jika benda-benda ini harus disentuh, ingatlah untuk mencuci tangan sesudahnya dan hindari menyentuh wajah Anda," tulis Miller dalam penelitian tersebut.

 

2. Lift hotel memiliki lebih banyak kuman dibandingkan toilet duduk

Tombol lift hotel mungkin tidak dibersihkan sesering yang Anda kira. Miller dan timnya membandingkan temuan mereka dengan data dari Studi Kuman Rumah Tangga NSF, yang menyeka 30 barang rumah tangga untuk melihat berapa banyak kuman yang ada di dalamnya.

Baca juga: Awas, Jangan Pernah Pakai Barang Ini saat Anda Menginap di Hotel

Hasil penelitian menunjukkan, meskipun hotel terlihat lebih bersih daripada rumah Anda, tetapi kenyataannya tidak. Rata-rata tombol lift hotel memiliki hampir 1.477 kali lebih banyak kuman daripada pegangan pintu kamar mandi.

Selain itu, tombol lift juga memiliki 737 kali lebih banyak kuman daripada toilet duduk dan 83 kali lebih banyak kuman daripada meja dapur rumah. Mengejutkannya lagi, rata-rata tombol lift hotel bintang lima memiliki hampir tujuh kali lebih banyak kuman.

3. Pegangan pintu hotel memiliki banyak kuman

Studi ini juga menguji pegangan pintu tangga hotel yang rupanya sangat terkontaminasi bakteri. Data mengungkapkan, pegangan pintu tangga di sebuah hotel memiliki lebih banyak bakteri daripada tombol lift dengan rata-rata 186.168 unit pembentuk koloni per inci persegi. Hati-hati, ya!

 ilustrasi

4. Gunakan masker

Baik di hotel ataupun gedung apartemen, ada beberapa tindakan pencegahan yang harus dilakukan saat menggunakan lift, terutama di tengah Covid-19 ini.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh OTIS Elevator Company dan dipimpin oleh Qingyan Chen , PhD, para peneliti menemukan bahwa dengan penggunaan masker yang tepat, Anda dapat menurunkan risiko terpapar Covid-19 hingga 50 persen. Oleh karena itu, jangan lupa cuci tangan dan terapkan protokol kesehatan setiap saat, ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini