Share

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Naik Pesawat

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 27 Januari 2022 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 406 2538313 7-hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-naik-pesawat-vdllndjzFT.jpg Ilustrasi (stutterstock)

PESAWAT jadi transportasi favorit bagi orang-orang yang ingin bepergian jarak jauh. Tapi, sebelum boarding atau naik pesawat, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar perjalanan Anda lancar dan nyaman. Apa saja?

Baca juga: Jangan Dipakai, Ini 5 Outfit Terlarang saat Naik Pesawat!

Berikut langkah yang harus Anda lakukan sebelum melakukan penerbangan sebagaimana dilansir dari Travel and Leisure :

1. Gunakan aplikasi maskapai

Sebelum boarding, unduh aplikasi maskapai Anda dan pastikan detail reservasi Anda telah masuk agar bisa digunakan untuk check-in. Dengan begitu, Anda bisa langsung menuju ke bagian keamanan saat tiba di bandara tanpa perlu mengantri.

 

2. Periksa alternatif pesawat

Setelah Anda memilih maskapai penerbangan, periksa kembali jenis pesawat dan kursi di situs maskapai untuk memastikan bahwa pesanan Anda sudah sesuai.

Tentu saja Anda tidak ingin penerbangan Anda berjalan dengan sia-sia, bukan? Apalagi jika Anda memesan kursi kelas bisnis. Pastikan Anda memilih kursi yang tidak terlalu dekat dengan dapur atau toilet agar tidak berisik dan beraroma tidak sedap.

 Baca juga: Ngumpet di Roda Pesawat, Pria Ini Terbang 11 Jam ke Belanda dengan Selamat

3. Periksa laporan real-time

Gunakan FlightStats untuk melacak status penerbangan, kondisi cuaca, bahkan riwayat penerbangan pesawat Anda secara real-time. Sehingga jika pesawat Anda tertunda, Anda bisa menjadi orang pertama yang tahu dan memesan ulang tiket tersebut.

4. Ukuran tas

Banyak maskapai penerbangan yang menerapkan batas ukuran ketat untuk tas jinjing. Oleh karena itu, periksa kembali dimensi tas Anda di rumah dan pastikan telah mematuhi batasan maskapai Anda.

 5. Periksa gadget dan hindari penggunaan Wi-Fi

Periksa semua gadget Anda, mulai dari telepon, laptop, tablet, kamera, dan lainnya. Pastikan semua telah terbawa dan berada di tas jinjing Anda. Sebaiknya, hindari penggunaan Wi-Fi gratis di bandara lantaran rentan terhadap peretas.

6. Memesan makan dengan aplikasi

Jika Anda tidak menyukai makanan pesawat dan takut ketinggalan boarding saat mengantri di restoran bandara, Anda bisa menggunakan aplikasi online untuk memesan makanan di restoran.

ilustrasi

Pesan di perjalanan Anda ke bandara dan ambil di perjalanan ke gerbang tanpa harus berhenti melangkah. Mudah kan?

7. Protokol kesehatan

Banyaknya orang yang melewati dan menyentuh segala sesuatu di bandara dan pesawat terbang menjadikan tempat ini memiliki banyak kuman. Lindungi diri Anda dengan menggunakan tisu desinfektan di tangan dan kursi pesawat Anda. Selain itu, gunakan juga masker medis mengingat saat ini masih dalam era pandemi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini