Share

Pantai-Pantai di Thailand Terancam Tumpahan Minyak Mentah, Kok Bisa?

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 406 2538340 pantai-pantai-di-thailand-terancam-tumpahan-minyak-mentah-kok-bisa-hPYX0ae03S.JPG Tumpahan minyak mentah di lepas pantai Rayong, Thailand Timur (Rolay Thai Navi/AP/VOA)

ANGKATAN Laut Thailand, Rabu (26/1/2022), membantu membersihkan tumpahan 160.000 liter minyak mentah yang bocor dari pipa di Teluk Thailand. Tumpahannya berada di dekat kawasan industri.

Direktur Jenderal Departemen Pengendalian Pencemaran Kementerian Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Attapol Charoenchansa mengatakan bahwa sebagian minyak itu dapat mencapai pantai-pantai di Thailand Timur pada Jumat nanti jika tidak segera dibersihkan.

Baca juga: Thailand Lanjutkan Skema Bebas Karantina bagi Turis Asing Bulan Depan

Perusahaan penyulingan minyak Star Petroleum mengatakan kebocoran pipa terjadi Selasa 25 Januari 2022 sekitar pukul 9 malam waktu setempat, di sebuah stasiun tambat yang terletak sekitar 20 kilometer dari tenggara Kawasan Industri Map Ta Phut. Kebocoran itu baru bisa dihentikan tak lama setelah tengah malam.

Juru Bicara Angkatan Laut Thailand Wakil Laksamana Pokkrong Monthatphalin mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa pihaknya mengirim pesawat pengintai, dua kapal dan sebuah helikopter untuk membantu upaya pembersihan.

Ia mengatakan helikopter akan menyurvei daerah itu dan menyemprotkan bahan kimia untuk membantu membuyarkan tumpahan minyak.

Baca juga: Pariwisata Babak Belur, Thailand Longgarkan Aturan Karantina Turis Asing Mulai Februari

Star Petroleum memperkirakan sekitar 20.000 liter minyak mengambang di permukaan laut. Perusahaan tersebut mengaku telah mulai membersihkan tumpahan minyak itu sejak Selasa larut malam.

“Kami menerima dukungan yang baik dari instansi pemerintah terkait dan sektor swasta, termasuk tenaga kerja, kapal kerja dan pasokan dispersan untuk mendukung operasi pembersihan minyak dari permukaan laut,'' kata pernyataan perusahaan itu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini