Share

Pria Tunawisma Nekat Menyelinap ke Pesawat untuk Merokok dan Minum Bir

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 406 2538562 pria-tunawisma-nekat-menyelinap-ke-pesawat-untuk-merokok-dan-minum-bir-BQjmN8aiAZ.jpg Ilustrasi pesawat (Freepik)

SEORANG pria tunawisma menyelinap ke pesawat di Bandara Manchester, Inggris, untuk merokok dan minum bir lalu melompat sebelum pergi. Dia juga tertidur nyenyak di lapangan bandara selama lima minggu.

Melansir dari Manchester Evening News, polisi mengatakan, pria itu memanjat tiga pagar dari Radisson Blu Hotel dan memasuki pesawat melalui bagasi untuk merokok. Setelah ditangkap, dia kemudian memberi tahu petugas bahwa sedang berjalan di sepanjang bagian Bluetube di bandara.

Saat itu, dia melihat pesawat Virgin Atlantic, berpikir akan keren untuk masuk ke dalam pesawat, merokok, dan minum bir.

Sesaat kemudian seorang staf memindahkan tangga dari pesawat tanpa mengetahui dia ada di sana. Khawatir pesawat itu akan berangkat, dia melompat keluar dari ruang kargo, tak lama setelah terlihat.

Pria itu diidentifikasi sebagai Martin Rudzki asal Manchester. Dia mengaku memasuki area terlarang bandara tanpa izin dan dapat dikenakan denda sebesar £100 atau sekira Rp1 jutaan, serta dikenai perintah penahanan. Juga melarangnya kembali ke bandara selama dua tahun, kecuali dia memiliki tiket perjalanan yang sah.

Jaksa penuntut Tina Cunnane mengatakan, pada 11 Desember tahun lalu, sekitar pukul 14.15, staf keamanan melihat Rudzki di area yang tidak sah, mereka tahu dia bukan karyawan karena tidak mengenakan pakaian tinggi dan tidak memiliki izin lapangan terbang.

infografis

“Dia sangat berbau minuman keras dan mengatakan seorang karyawan baru. Ini tidak bisa dipercaya dan dia diberikan transportasi untuk membawanya kembali ke keamanan. Polisi dipanggil dan terdakwa diajak bicara. Dia membenarkan bahwa telah memanjat tiga pagar di dekat Radisson Blu Hotel, memasuki sebuah pesawat saat berada di lapangan terbang dan pergi ke ruang bagasi untuk merokok," ujar Tina Cunnane.

“Ketika didakwa, dia mengatakan mengakuinya, dan menambahkan tidur nyenyak di Bandara Manchester selama lima minggu terakhir. Pria itu mengatakan bahwa dia sedang berjalan di sepanjang Bluetube ketika melihat pesawat Virgin Atlantic dan mengakui berpikir akan keren untuk masuk ke dalam pesawat, merokok, dan minum bir," tambahnya.

Rudzki kemudian membeli sekaleng bir dari Spar di bandara sebelum menuju ke lapangan terbang. Dia kemudian menjelajahi area itu sebelum pergi ke ruang kargo. Dalam wawancara dengan polisi, Rudzki mengakui pelanggaran tersebut dan tidak memiliki niat jahat. Rudzki dikatakan tidak memiliki vonis sebelumnya.

Berbicara dari dermaga, Rudzki mengaku tidak memiliki tempat tinggal pada saat itu dan kesehatan mentalnya dalam keadaan buruk.

"Saya datang ke Manchester, saya tidur nyenyak di Bandara Manchester. Itu hanya karena penasaran, saya ingin melihat pesawat itu. Tidak ada niat untuk merusaknya, atau menyakiti siapa pun, itu hanya rasa ingin tahu. Maafkan saya. Saya benar-benar damai, saya memberi tahu polisi bahwa tengah mengalami hari yang buruk. Saya telah membuat peningkatan nyata, saya mulai belajar bahasa Italia dan saya mungkin mengambil gelar Master tahun depan," ujar Rudzki.

Rudzki dikenai denda £100, biaya pengadilan £85, dan biaya tambahan korban £34. Dia juga diperintahkan untuk tidak pergi ke bandara selama dua tahun kecuali dia memiliki tiket perjalanan yang sah, di bawah ketentuan perintah penahanan.

Saat dia dijatuhi hukuman, Rudzki menjawab: “Itu lebih dari wajar.” (nia)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini