Share

Jika Pesawat Disambar Petir di Udara, Apakah Bisa Melanjutkan Penerbangan?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 27 406 2538985 jika-pesawat-disambar-petir-di-udara-apakah-bisa-melanjutkan-penerbangan-XhPLlB2i5l.JPG Ilustrasi pesawat (Getty Images via The Sun)

SAMBARAN petir dapat membahayakan sesatu yang berada di darat dan udara. Dikatakan 80 persen pelepasan petir terjadi di awan. Lalu, bagaimana dengan nasib pesawat yang disambar petir ketika terbang melintasi awan?

Pilot Harrison Murray membagikan video TikTok yang menjelaskan apa yang terjadi pada pesawat ketika disambar petir di tengah penerbangan.

 BACA JUGA: 7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Naik PesawatBACA JUGA:7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Naik Pesawat

Klip itu diunggah sebagai tanggapan atas pertanyaan "jika Anda disambar petir, apakah pesawat masih dapat melanjutkan perjalanannya?"

"Ya, bisa. Apa yang biasanya terjadi adalah petir akan mengenai pesawat," jawab Harrison seperti dilansir dari The Sun, Jumat (28/1/2022).

"Kami akan memeriksa sistem pesawat untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik, dan kemudian kami akan melanjutkan operasi normal," jelasnya.

"Begitu kami tiba di lapangan, kami akan menyebutkannya ke kontrol pemeliharaan dan para insinyur harus melakukan beberapa inspeksi pemeliharaan."

 BACA JUGA: Catat! Ini 6 Cara Mencegah Mabuk Perjalanan saat Naik Pesawat

Seorang pemirsa mengomentari video tersebut menanyakan apakah Harrison pernah mengalaminya sendiri.

"Apakah ini pernah terjadi pada Anda sebelumnya? Apakah itu umum?"

"Pernah terjadi di luar Kota London! Petir menabrak bagian depan pesawat, kilatan terang dan ledakan keras. Itu dia. Kami melanjutkan ke Dusseldorf."

Meskipun fakta tersebut terdengar menakutkan, pesawat memang dirancang untuk siap menerima sambaran petir. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) memperkirakan bahwa sebuah pesawat disambar petir setahun sekali.

Biasanya, ketika petir mengenai pesawat, ia mengenai hidung atau sayap. Muatan kemudian bergerak melalui badan pesawat sebelum meninggalkan bagian ekor.

 Ilustrasi

Biasanya tidak merusak pesawat, dan penerbangan akan berlanjut tanpa masalah. Faktanya, pemandangan pesawat yang disambar petir bisa lebih menakutkan bagi orang-orang di darat daripada penumpangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini