Share

15 Oleh-Oleh Khas Ternate yang Menarik untuk Dibawa Pulang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 301 2539466 15-oleh-oleh-khas-ternate-yang-menarik-untuk-dibawa-pulang-IfkOQ2Qfgq.jpg Kain tenun khas Ternate, Maluku Utara (kesekolah.com)

PULAU Ternate di Maluku Utara punya sejumlah destinasi wisata ciamik. Hal ini tentunya sangat menarik untuk dikunjungi jika Anda ingin berlibur ke wilayah timur Indonesia.

Selain dikenal dengan destinasi wisatanya, oleh-oleh khas Ternate juga banyak diburu wisatawan karena mereka punya makanan khas dan juga pernak-pernik yang unik. Penasaran apa saja?

BACA JUGA: Rekomendasi Oleh-oleh Makanan Instan khas Jepang Pilihan Diera Nathania 

Berikut 15 oleh-oleh khas Kota Ternate yang menarik untuk dibawa pulang.

1. Aksesori Sisik Ikan

Aksesoris ini bentuknya bermacam-macam dan dipoles dengan warna-warna yang cantik. Tiap aksesoris dibanderol dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari Rp5 ribu hingga Rp150 ribu. Cukup ramah di kantong, bukan ?

2. Aksesori Besi Putih

Ternate punya banyak aksesori yang terbuat dari besi putih, ada liontin, kalung, hingga gelang. Uniknya, besi putih yang digunakan untuk membuat aksesori tersebut diproduksi dari peralatan tempur peninggalan perang dunia ke – 2 di Pulau Morotai.

 Ilustrasi

Makanan khas Ternate

3. Kain Tenun Ikat

Kain tenun ikat merupakan salah satu jenis kain tertua yang sudah dikenal Indonesia sejak lama. Bila menilik kain tenun ikat yang dimiliki Ternate, maka dapat dilihat bahwa motif yang digunakan tidaklah sama dengan motif yang digunakan di daerah lainnya.

Kain Ternate menggunakan motif bertemakan laut, seperti motif kerang, ikan, burung laut dan semacamnya. Sementara, kain tenun di daerah lain biasanya menggunakan motif bertemakan bunga.

4. Kerajinan Kulit Kerang

Berbelanja kerajinan kulit kerang, Anda hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp40 ribu hingga Rp500 ribu. Nantinya, Anda bisa mendapatkan bros, hiasan dinding, hingga aneka ornamen bunga berwarna-warni.

BACA JUGA: 15 Oleh-Oleh Ajib Khas Purbalingga, Getuk Goreng hingga Sambal Knalpot

5. Kaos Khas Ternate

Pakaian khas Ternate umumnya tak jauh berbeda dari kaos di daerah lainnya yang memiliki desain unik serta memuat celotehan bertema kedaerahan.

 

6. Mutiara

Mutiara Ternate memiliki kilauan yang indah dan menawan sehingga cocok buat dijadikan buah tangan. Kerajinan ini dapat Anda jumpai di sentra penjualan pernak-pernik yang tersebar di berbagai sudut kota Ternate. Namun, Anda harus jeli ketika memilih mutiara, karena tak semua mutiara berkualitas baik.

7. Pisang Goreng Mulut Bebek

Ternate mungkin bukan satu-satunya daerah yang mengolah buah pisang menjadi keripik. Meskipun begitu, keripik pisang Ternate dibuat dengan ciri khas tersendiri. Dinamakan pisang mulut bebek, keripik ini memiliki bentuk yang cukup unik, yakni mirip paruh bebek.

Selain itu, cara penyajiannya pun berbeda. Alih-alih dijadikan makanan manis, kudapan ini malah dijadikan santapan berat. Penyajiannya dibarengi dengan sambal colo-colo, semangkuk ikan teri asin serta kacang kenari.

8. Kopi Rempah

Ternate dulunya dikenal sebagai pusat rempah-rempah. Wajar bila banyak sajian khasnya yang mengandung unsur rempah-rempah. Tetapi bukan hanya makanan, warga Ternate juga memanfaatkan rempah untuk dicampurkan ke dalam minuman, salah satunya kopi.

Kopi rempah khas Ternate terbuat dari kopi yang ditumbuk halus lalu dicampurkan dengan ekstrak jahe merah Halmahera, kayu manis, gula aren dan kacang kenari. Rasanya cenderung pedas sehingga cocok buat menghangatkan tubuh.

9. Dodol Buah Pala

Saat ke Ternate, jangan lupa untuk membeli dodol buah pala sebagai buah tangan. Tak jauh berbeda dari dodol di daerah lain, dodol buah pala pun memiliki tekstur yang kenyal serta rasa yang legit.

Proses pembuatannya dimulai dari tahap penggilingan buah pala sampai halus kemudian hasil gilingannya diuleni dengan gula sampai tercampur rata. Setelah itu, adonan dipotong-potong dan dikemas dalam plastik bening untuk dijual kepada wisatawan.

 Ilustrasi

10. Manisan Buah Pala

Selain dibuat sirup, buah berbentuk bulat lonjong ini juga bisa diolah menjadi manisan. Manisan buah pala biasanya tidak bisa bertahan lama. Daya tahannya hanya sekitar 1 minggu hingga 1 bulan saja. Bagaimana, tertarik membelinya ?

11. Sirup Buah Pala

Oleh-oleh dari Ternate tak harus berupa kue kering bukan ? Sirup pun bisa menjadi pilihannya. Seperti sirup buah pala yang diramu langsung oleh warga Ternate ini. Sirup ini banyak dijajakan di pusat oleh-oleh Ternate, salah satunya di Toko Tara No Ate.

12. Selai Kenari

Di Ternate, selai kenari merupakan salah satu oleh-oleh andalan karena bercita rasa manis dan tahan lama sehingga cocok untuk dibawa perjalanan jauh. Untuk mendapatkannya pun tak sulit, Anda hanya perlu menyambangi toko oleh-oleh Ternate yang terdekat. Harganya bervariasi tergantung pada ukuran kemasan yang dipilih.

13. Makron Kenari

Olahan kenari bukan hanya biskuit dan halua saja, ada makron kenari yang tak kalah nikmat. Penganan ini biasa dijadikan oleh-oleh khas Ternate. Berbentuk cookies, makron kenari terbuat dari tepung terigu, kenari yang telah dihaluskan, mentega, gula, telur, dan bubuk vanili. Rasanya renyah dan manis. Biasanya, makron kenari tersedia dalam beberapa varian, diantaranya ialah varian rasa original dan cokelat.

14. Biskuit Kenari

Faktanya, biskuit kenari tidaklah sama dengan aneka biskuit lainnya. Perbedaannya terletak pada bahan dasarnya. Dimana, biskuit ini tidak menggunakan adonan tepung basah, melainkan roti tawar.

 Ilustrasi

Permukaan roti tawar tersebut kemudian diolesi selai kenari dan dipanggang hingga mengering. Setelah didapat tekstur cukup renyah, barulah biskuit kenari dikeluarkan dari oven dan dikemas dalam berbagai ukuran wadah.

15. Halua Kenari

Kue ini terbuat dari kenari yang dilapisi oleh cairan gula merah kental sehingga memiliki tekstur yang cukup lengket. Rasanya merupakan kombinasi antara rasa manis dan gurih. Teksturnya cenderung kasar dan berongga. Bila menyantapnya akan ada sensasi tersendiri yang membuat lidah Anda tak henti bergoyang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini