Share

Sstt... Begini Cara Mengetahui Ada Kamera Tersembunyi di Kamar Penginapan

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Sabtu 29 Januari 2022 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 549 2539137 sstt-begini-cara-mengetahui-ada-kamera-tersembunyi-di-kamar-penginapan-8eing4A1Ya.JPG Ilustrasi (Foto: yourhomesecuritywatch)

PENGINAPAN, baik hotel, homestay atau apapun namanya menjadi hal yang penting saat tengah melakukan perjalanan.

Baik atau buruk layanan penyewaan penginapan telah mengubah cara kita bepergian. Namun, lebih banyak pilihan penginapan membuat pelancong bisa saja menjadi mangsa dalam kriminal.

Pada saat yang sama, teknologi kamera pengawas menjadi semakin mudah diakses oleh siapa saja, dan kini dirancang untuk lebih tersembunyi dari sebelumnya.

Ini adalah fenomena yang pernah dianggap sebagai masalah hanya untuk tamu di motel pinggir jalan yang kumuh.

Ternyata ini juga terjadi di penginapan yang terbilang cukup baik pelayanannya, di mana seorang pelancong membagikan kejadian aneh dan menakutkan yang menemukan kamera tersembunyi di dalam kamar sewanya.

Pengguna TikTok, Marcus Hutchins, seorang mantan peretas yang mengajar keamanan siber, berbagi beberapa kiat dengan pengikutnya tentang cara menemukan kamera tersembunyi dalam sebuah video baru-baru ini dengan lebih dari 33,4 juta penayangan.

"Tempat pertama yang ingin Anda cari adalah perangkat yang ditempatkan dengan nyaman di mana orang ingin mencarinya,” katanya.

Infografis Hotel Luar Angkasa

“Salah satu cara untuk melihat apakah ada sebuah perangkat kamera adalah dengan menyinarinya dengan cahaya terang. Jika Anda mengenai lensa kamera, itu akan memberikan pantulan kebiruan. Anda dapat melihat contoh jenis pantulan kebiruan dengan menyorotkan senter ke kamera ponsel pintar," tambahnya.

Perangkat yang tampaknya tidak berbahaya seperti alarm kebakaran dan jam alarm dapat berfungsi ganda sebagai kamera, Hutchins memerlihatkan dalam klipnya, cahaya yang ditampilkan pada muka cermin jam menunjukkan lensa kamera kecil di belakang layar di satu sisi penghitung digital.

Jika menyinarinya dengan cahaya terang, Anda bisa menyinari kaca itu, dan melihat ada kamera di sana. Teknik ini juga bisa bekerja pada cermin dua arah.

Bahkan pengisi daya dinding untuk perangkat yang tidak terkait dapat berfungsi sebagai kamera, seperti contoh jam kamera bertenaga USB milik Hutchins dengan lensa kecil yang tertanam di sumber dayanya.

“Jika menyinarinya, Anda dapat melihat lubang jarum kecil di tengah dengan pantulan biru, di mana itu adalah lensa kamera. Untuk melihat kamera dengan kemampuan penglihatan malam, cobalah melihat lampu LED infra-merah pada perangkat yang diperlukan lensa kamera untuk melihat di malam hari. Meskipun mereka sulit ditemukan dengan mata telanjang, mengintip melalui kamera iPhone dapat mengungkapkan LED lebih mudah," jelas Hutchins dalam klip tersebut.

Saat mematikan lampu dan menggunakan kamera depan ponsel, LED akan benar-benar terlihat. Ia juga memperingatkan kamera belakang ponsel tidak akan berfungsi karena filter mata merah bawaannya.

“Lensa kamera ini sangat kecil, mereka dapat disembunyikan di dalam apa pun, bahkan di lubang di dinding. Periksa perangkat atau lubang mencurigakan yang menghadap ke pancuran, ruang ganti, atau tempat tidur," sambungnya.

Ini mungkin tampak terlalu berhati-hati, tetapi merupakan masalah yang nyata dan terdokumentasi seperti yang dipelajari oleh pengguna Twitter, Jason Scott dan temannya pada tahun 2017.

"Seorang teman saya berpikir aneh bahwa ada satu detektor gerakan dalam kamar tidur di Airbnb-nya," twit Scott. "Dan voila, ini adalah kamera IP yang terhubung ke web," lanjutnya.

Ilustrasi hotel
(Foto: Reuters)

Temannya itu berangkat pukul 03.00 dini hari dan melaporkan kejadian tersebut. Kemudian diketahui ditangguhkan dan mendapat pengembalian dana.

Keith Roberts, seorang teknisi dengan layanan pendeteksi pengawasan yang berbasis di Inggris, Advanced Sweeping, berbagi tentang cara menemukan kamera tersembunyi di mana pun mereka berada.

"Kamera dan alat penyadap jauh lebih lazim akhir-akhir ini. Dulu ada pasar tertentu, dan Anda harus mengenal seseorang untuk mendapatkannya. Mereka jauh lebih mudah untuk dibeli sekarang, siapa pun dapat membelinya langsung dari Amazon atau eBay," ujar Roberts.

Roberts juga mengataka,n menjaga mata untuk lubang kecil dengan pandangan yang tidak terhalang, terutama di tempat-tempat, seperti buku, cermin, bola lampu, boneka binatang, atau tanaman rumah.

Mengenai metode senter Hutchins, Roberts setuju dan mengatakan: "Anda dapat mencari lensa dengan senter dan itu 92 persen hingga 95 persen akurat."

“Lihat di tempat yang logis. Jika seseorang mencari informasi, mereka akan meletakkan perangkat di ruang tunggu. Dan jika orang tersebut adalah seorang pengintip, mereka kemungkinan akan meletakkan kamera di area rias, seperti kamar mandi, kamar mandi, dan kamar tidur," tambahnya.

Kemudian mencoba untuk mencari cermin dua arah juga dengan tes kuku. Apabila jari Anda dapat menyentuh dirinya sendiri di cermin, itu indikasi yang baik bahwa berarti berfungsi ganda sebagai jendela. Di cermin standar, akan ada celah antara jari Anda dan pantulannya.

Namun, ketahuilah bahwa metode ini tidak mudah, dan beberapa cermin dengan kamera tersembunyi mungkin tampak berfungsi seperti yang lain.

Sementara kamera tersembunyi dari jenis atau lokasi apa pun dilarang, tuan rumah Airbnb diizinkan memiliki kamera di sekitar eksterior rumah, serta di ruang dalam ruangan umum seperti ruang tamu, tetapi hanya jika dinyatakan dan diidentifikasi dengan jelas kepada tamu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini