Share

Pura-Pura Tidur, Penumpang Pesawat Malah Lecehkan Pramugari hingga Berujung 6 Bulan Bui

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 406 2539621 pura-pura-tidur-penumpang-pesawat-malah-lecehkan-pramugari-hingga-berujung-6-bulan-bui-TZ4ep7Byy7.jpg Ilustrasi pramugari (dok. Freepik)

JAKARTA - Penumpang pesawat, Enio Socorro Zayar dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan karena melakukan pelecehan terhadap pramugari.

Melansir CNN, insiden itu terjadi dalam perjalanan dari Cancun ke Bandara Internasional Miami dengan penerbangan American Airlines 1723 pada Januari 2021.

Pelaku diajukan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Selatan Florida. Zayas didakwa setelah insiden pada Jumat, 6 Agustus 2012.

Dalam surat pernyataan tertulis, pramugari meyakini Zayar sedang tertidur saat ia meletakkan kudapan di pangkuan pria itu.

Pesawat

Namun ketika ia berbalik, pramugari itu merasakan ada tangan yang mencengkram pahanya lalu meraba pantatnya, sebelum menggosokkannya ke kanan dan kiri dengan kuat.

Seorang penumpang pesawat menguatkan kesaksian itu, berdasarkan surat pernyataan tersebut. Zayas lantas diputus bersalah atas aksi pelecehan yang dilakukannya pada Oktober 2021.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Kasus ini menambah daftar panjang para penumpang bermasalah selama penerbangan di masa pandemi Covid-19. Beberapa bahkan tergolong tindakan kriminal.

Tahun lalu merupakan yang terburuk dalam hal catatan penumpang pesawat berperilaku buruk di dalam penerbangan. Hampir 6.000 kasus tentang penumpang yang tak bisa diatur dilaporkan pada 2021, berdasarkan data Administrasi Penerbangan Federal (FAA).

Selain memperberat sanksi, kasus penumpang bermasalah membuat pramugari lebih waspada.

Sejak pertengahan 2021, Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat (AS) mencanangkan program latihan bela diri bagi awak kabin. Bentuknya adalah kursus setengah hari yang pertama kali dikembangkan pada 2004, namun tertunda karena pandemi global.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini