Share

Viral Pendaki Uji Nyali Lewat Jalur Sirotol Mustaqim, Menengangkan Banget!

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 29 406 2539658 viral-pendaki-uji-nyali-lewat-jalur-sirotol-mustaqim-menengangkan-banget-9yHQSdqywu.jpg Jalur Sirotol Mustaqim di Gunung Raung (dok ANTARA)

JAKARTA - Gunung Raung kembali hangat dibicarakan warganet, bukan saja karena keindahan paronama alamnya. Melainkan, keberadaan jalur ekstrem bernama Sirotol Mustaqim yang berhasil menantang adrenalin banyak pendaki.

Seperti yang terekam dari unggahan video viral akun TikTok @novherr, memperlihatkan betapa curamnya jalur pendakian ditambah dengan banyak batu kerikil yang membuat kaki licin.

"Dulu sering lihat video orang lain, sekarang bisa rasain lewat sini (Jembatan Sirotol Mustaqim)," tulis caption video.

infografis

Dalam cuplikan video terlihat, dia bersama lima orang temannya sangat berhati-hati untuk melewati jalur curam dengan sisi kiri adalah kaki Gunung Raung, sedangkan sisi sebelah kanan melihat langsung area jurang.

"Lihat depan jangan lihat bawah, bismillah kita lewat Siratal Mustaqim," terdengar suara salah seorang teman yang memperingatkan teman satu rombongannya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Diketahui, Gunung Raung adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia. Memiliki puncak tertinggi 3.344 MDPL, dengan secara geografis lokasi Gunung Raung berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen.

Gunung Raung menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Berdasarkan hal tersebut, banyak pendaki yang penasaran hingga rela mendaki lewat jalur yang curam dan terjal.

Maka benar saja, salah satu jalur yang terkenal menantang adrenalin di Gunung Raung bagi kalangan pendaki adalah jalur Sirotol Mustakim. Bahkan, karena keekstremannya jalur Sirotol Mustakim ternyata menjadi nama resmi dari keberadaan jalur yang dipenuhi banyak kerikil tersebut.

Meskipun penamaan jalur Sirotol Mustakim sudah menjadi nama paten, akan tetapi hal tersebut banyak menuai kritik pedas netizen.

"Jangan bilang Sirotol Mustakim, yang bner aja bro ngomongnya," tulis @su*****ra.

"Maaf bang apapun namanya itu, tidak bisa disamakan dengan jembatan Siratal Mustakim, maaf ya," tulis kritik @s***e.

Namun, bagaimanapun juga viralnya video pendaki yang berani melewati jalur Sirotol Mustakim tak pelak memantik tanggapan warganet melalui kolom komentar.

"Mereka yang jalan, tapi aku yang gemetera," tulis akun @as***qa.

"Boro-boro ngerekam, aku lewat aja udah tengkurep," tulis pula pengalaman @af*****ta.

"Buat kalian yang lewat situ hati-hati, jangan sampai tergelincir," tulis @va****st.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini