Share

Uniknya Kue Nastar 3 Dimensi Karakter Macan Air, Kuliner Imlek yang Laris Manis di Bali

Bagus Alit, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 301 2539987 uniknya-kue-nastar-3-dimensi-karakter-macan-air-kuliner-imlek-yang-laris-manis-di-bali-TespFJZN3O.jpg Kue nastar (Instagram @balqisfoodiestory)

JELANG perayaan Tahun Baru Imlek 2022 atau 2573, warga keturunan Tionghoa di Bali terus memburu sejumlah kuliner bertema Imlek. Selain kue keranjang, camilan yang paling laris dipesan adalah kreasi kue nastar tiga dimensi dengan karakter shio macan air yang hanya bisa dijumpai di Badung, Bali.

Untuk bisa mendapatkan kreasi kue karakter ini, konsumen bahkan harus melakukan pre order atau pemesanan lebih awal sejak 2 bulan sebelumnya.


Kreasi kue nastar dengan karakter shio kerbau logam menjadi salah satu cemilan favorit yang paling diburu warga keturunan Tionghoa di Bali jelang perayaan Imlek 2022.

Saking uniknya, konsumen pun harus rela melakukan pemesanan lebih awal sejak 2 bulan lalu.

Pembuatan kue nastar karakter tiga dimensi ini merupakan kreasi salah satu pembuat kue rumahan di kawasan Jalan Gatot Subroto Barat, Badung, Bali.

Proses pembuatan nastar karakter ini tidak jauh berbeda dengan seperti pembuatan kue nastar pada umumnya. Setelah seluruh adonan dicampurkan dan diisi pasta warna, isi adonan dengan filling nastar dari olahan buah nanas.

Lalu bentuk adonan menjadi berbagai bentuk karakter khas Imlek mulai dari macan air yang melambangkan shio tahun ini, buah jeruk, hingga buah peach. Untuk mempercantik tampilan kue karakter 3 dimensi proses dilanjutkan dengan membuat beragam detail karakter yang dilakukan secara teliti dan dikemas menggunakan warna-warna menarik.

Proses inilah yang paling rumit dan berlangsung paling lama karena seluruh proses harus dikerjakan secara manual dan tidak sembarang pastry bisa membuatnya. Usai dibentuk sesuai karakter yang diinginkan, masukkan kue nastar ke dalam oven untuk dipanggang selama 15 menit dengan suhu mencapai 145 derajat celcius.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah matang, kreasi kue nastar kemudian didinginkan untuk kemudian dipacking ke dalam box full color dengan isian 20 pieces per boxnya yang dibanderol seharga Rp135 ribu. Hingga saat ini baru 250 box yang dapat diselesaikan, dari 350 box pesanan.

Konsumen yang melakukan pemesanan tak hanya dari seputaran Kota Denpasar dan Badung, tapi juga seluruh di Bali bahkan Lombok.

Ilustrasi

Menariknya sebagian besar konsumen memesan kue karakter ini bukan untuk dinikmati sendiri, melainkan digunakan sebagai hantaran atau hampers kepada kerabat maupun koleganya.

Kue nastar dengan isian nanas merupakan salah satu hidangan khas imlek yang dipercaya menjadi simbol kemakmuran serta rezeki yang melimpah. Meski pandemi belum mereda, usaha kreasi kue tiga dimensi ini justru mengalami peningkatan omzet dengan sebagian besar konsumen melakukan pemesanan secara on line,

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini