Share

Tips dari Pilot, Begini Cara Mencegah Sakit Selama Penerbangan!

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 406 2540087 tips-dari-pilot-begini-cara-mencegah-sakit-selama-penerbangan-zrb1QjAxuc.jpg Kursi pesawat (iStock)

PENUMPANG yang paranoid kerap merasa tidak enak badan dalam penerbangan, terutama jika pesawat mengalami turbulensi parah di perjalanan. Kondisi tersebut ternyata bisa dicegah lho.

Seorang pilot bernama Simon membagikan beberapa tips untuk membantu penumpang menghindari rasa sakit saat terbang ketika cuaca buruk.

 BACA JUGA: Pura-Pura Tidur, Penumpang Pesawat Malah Lecehkan Pramugari hingga Berujung 6 Bulan Bui

Simon membagikan video TikTok yang berisi beberapa saran dan beberapa orang tidak menyukai tip pertama.

"Apakah turbulensi membuat Anda takut? Jika demikian, cobalah kiat-kiat teratas dari seorang pilot maskapai penerbangan untuk membantu Anda melewatinya," kata Simon dilansir dari The Sun, Senin (31/1/2022).

Jangan minum alkohol

 

Pertama, kata Simon, jangan minum alkohol meskipun minuman itu menggoda Anda. “Ini meningkatkan tingkat kecemasan dan akan membuat Anda merasa mual ketika turbulensi datang," katanya.

Hindari baca buku dalam penerbangan

 

Pilot itu juga menyarankan penumpang untuk menyamankan diri dengan hiburan yang tersedia. Sebagian orang memiliki hobi membaca buku di mana pun mereka berada. Namun menurut Simon baca buku di pesawat bukan ide yang baik.

 BACA JUGA: Mengenal Kim De Klop, Pilot Cantik yang Sering Dikira Pramugari oleh Penumpang

"Hal lain adalah mencoba dan membuat zona nyaman, sehingga buku adalah sesuatu yang disukai beberapa orang. Tetapi bagi saya itu tidak bagus. Anda membaca tulisan kecil yang terombang-ambing, itu akan meningkatkan peluang Anda untuk merasa sakit," tuturnya.

"Saya lebih suka tetap menggunakan hiburan dalam pesawat seperti menonton film yang bagus," tambahnya.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Rilekskan badan dan pikiran

Metode lain adalah memejamkan mata, berbaring, dan berandai-andai berada di tempat tidur gantung di pantai. Trik ini bisa membantu penumpang untuk menghilangkan pikiran negatif.

"Kemudian berbicara dengan kru. Setiap kali ada penumpang yang gugup di dalam pesawat, saya turun dan mencoba meyakinkan mereka, memberi tahu mereka bahwa pesawat benar-benar aman, turbulensi baik-baik saja dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," lanjutnya.

 Ilustrasi

Klip tersebut mendapat respons yang baik dari para pemirsa. Banyak dari mereka berterima kasih atas saran tersebut, sementara satu orang mengingat perjalanan "menakutkan" yang mereka lakukan dengan turbulensi yang parah.

"Mengalami turbulensi yang menakutkan dalam perjalanan ke Miami, bahkan awak kabin tampak ketakutan. Mereka disuruh duduk selama waktu yang lama - troli ditinggalkan dan minuman berguling-guling di lantai," kata penumpang menceritakan pengalamannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini