Share

7 Negara dengan Aksi Pencurian Tertinggi di Dunia, Traveler Patut Waspada

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 408 2540106 7-negara-dengan-aksi-pencurian-tertinggi-di-dunia-traveler-patut-waspada-tRjN1KGCyK.jpg Kota Brussels, Belgia (Foto Freepik)

ADA sejumlah negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia. Ini wajib Anda ketahui agar bisa lebih berhati-hati terhadap segala barang yang Anda miliki dan tidak menjadi korban selanjutnya.

Pasalnya, tidak ada jaminan barang yang Anda miliki tersebut dapat kembali ke tangan Anda. Terlebih birokrasi dari pihak negara yang sangat berbelit.


Negara apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

1. Belgia

Belgia termasuk dalam daftar negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia. Menurut United Nations Office di divisi Drugs and Crime pada tahun 2012, kasus pencurian di Belgia mencapai 191.126 kali. Dikatakan, laporan pencurian kendaraan bermotor menjadi kasus yang paling sering diterima oleh pihak kepolisian Belgia.

Selain itu, aksi penjambretan dan pencopetan pun sering terjadi, terutama di kota-kota besar. Para pencuri biasanya berkeliaran di pusat transportasi seperti Metro (kereta bawah tanah) dan stasiun kereta api untuk mengambil keuntungan dari para pelancong.

 Ilustrasi

Polisi Belgia (Reuters)

2. Spanyol

Negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia selanjutnya adalah Spanyol. Ya, negara yang cukup eksotis ini rupanya juga menyimpan sisi gelap. Bahkan, para pencuri menggunakan trik yang unik, yaitu berpura-pura menjadi seorang polisi yang akan akting bertanya kepada korbannya sebelum akhirnya mencuri barang berharga.

Aksi pencurian ini biasa dilakukan terhadap turis di kawasan wisata utama, khususnya Madrid dan Barcelona. Tak hanya itu, para pencuri juga tak segan melakukan kekerasan sesekali. Tercatat pada tahun 2012 lalu, ada 502,546 kasus pencurian yang diterima pihak berwajib.


3. Meksiko

Negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia berikutnya adalah Meksiko. Pada tahun 2012 silam, ada 746,894 kasus pencurian yang terjadi dan terus bertambah setiap tahunnya. Kartu kredit dan gadget adalah sasaran utama mereka.

Para pelaku tindak kejahatan tersebut menjadikan para turis atau pelancong dari negara asing sebagai target utama mereka.

Biasanya, mereka beraksi di lobi hotel, restoran, tempat pemberhentian umum, airport serta jalanan. Maka, berhati-hatilah dengan barang bawaan Anda ketika menyambangi negara ini. 

4. Kosta Rika

Kosta Rika juga termasuk sebagai negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia. Bahkan, U.S Department of State pernah memberlakukan travel warning kepada warganya agar tidak gegabah bepergian ke Kosta Rika.

Tak hanya penduduk lokal saja, para turis dan traveler pun menjadi korban para pencuri di Kosta Rika. Tercatat, lebih dari 25 ribu kasus pencurian telah terjadi pada tahun 2012. Tak hanya itu, tindak kriminal dengan kekerasan juga kerap terjadi di negara ini.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

5. Brazil

Tingkat kejahatan dengan kekerasan dan kasus pencurian di Brazil cukup tinggi dari tahun ke tahun. Tercatat, sekitar 979,571 kasus pencurian yang terjadi selama tahun 2012. Kota Manaus, Fortaleza dan Salvador menjadi kota dengan tingkat pencurian tertinggi di Brazil.

Kamera, gadget, uang, serta barang berharga lainnya adalah incaran utama para pelaku kejahatan. Tak hanya itu, ada juga kelompok kriminal yang bermunculan untuk mengganggu warga lokal maupun para pelancong dari luar negeri. Oleh karena itu, Anda diimbau agar bersikap lebih berhati-hati di negara ini. Sebaiknya, jangan gunakan pakaian yang mencolok atau menarik perhatian.

6. Chile

Chile menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia. Tercatat, sebanyak 81 ribu lebih kasus pencurian telah masuk ke data pihak kepolisian sepanjang tahun 2012.

Ilustrasi

Para pencuri biasanya berkeliaran di Vina del mar dan Villarrica, khususnya ketika musim panas tiba dan banyaknya turis yang berdatangan. Selain tindak pencurian, banyak juga tindak kriminal yang kerap terjadi di negara ini.

7. Uruguay

Uruguay menduduki tingkat pertama sebagai negara dengan aksi pencurian tertinggi di dunia, menurut World Bank. Tak hanya itu, tindak kriminal disertai dengan kekerasan juga kerap terjadi di negara ini. Berbeda dengan negara sebelumnya, mobil adalah obyek incaran utama para pencuri di Uruguay.

Meski demikian, tak dipungkiri mereka juga mencuri barang berharga lainnya dari para pelancong luar negeri. Maka, jaga selalu barang bawaan Anda, perhatikan kondisi sekitar, dan jangan bersikap atau menggunakan pakaian yang mencolok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini