Share

22.452 Kamar Penginapan Disediakan bagi Penonton MotoGP Mandalika 2022, Hotel Melati hingga Camping Ground

Antara, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 406 2540246 22-452-kamar-penginapan-disediakan-bagi-penonton-motogp-mandalika-2022-hotel-melati-hingga-camping-ground-4yOjo6FLEn.JPG Ilustrasi (Foto: iStock)

DINAS Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) mencatat sebanyak 22.452 unit kamar penginapan siap menampung penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menjelaskan 22.452 unit kamar tersebut terdiri dari hotel berbintang, hotel melati, homestay, bungalow, villa, camping ground dan sarana hunian pariwisata (Sarhunta).

"Hasil pendataan yang kita lakukan jumlahnya mencapai 22.452 unit," ujarnya.

Ia menjelaskan, kamar penginapan tersebut tersebar di sejumlah wilayah di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

"Angka itu terbagi menjadi dua, yakni di Pulau Lombok sekitar 17 ribuan unit dan Pulau Sumbawa sekitar dua ribuan unit," ucap Yusron.

Khusus untuk Pulau Lombok, lokasi penginapan terletak di kawasan Mandalika, Selong Blanak serta Praya di Kabupaten Lombok Tengah. Selanjutnya Kota Mataram, Lombok Barat, seperti kawasan wisata Senggigi, Narmada, Lingsar, dan Sekotong.

Kemudian di Kabupaten Lombok Timur mulai dari Jerowaru, Tetebatu hingga Sembalun di kawasan Rinjani. Kabupaten Lombok Utara mulai dari Pemenang, Tanjung, Tiga Gili (Trawangan, Air dan Meno) hingga Senaru di Bayan.

"Untuk hotel berbintang memang rata-rata sudah full booking, tetapi di beberapa tempat seperti di tiga Gili belum meski ada 6.000 kamar," terangnya. 

Namun khusus untuk homestay, camping ground, dan Sarhunta, pihaknya menggandeng sejumlah asosiasi wisata untuk penjualan dan promosi agar paket penginapan menjadi meluas dan menarik.

Sejumlah asosiasi itu antara lain Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (Asita), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo), dan Ikatan Pramuwisata Indonesia (IPI). Termasuk, platform akomodasi perjalanan RedDoorz.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Kalau homestay, camping ground dan Sarhunta ini kita tawarkan di desa-desa wisata. Para tamu bisa menikmati sejumlah fasilitas yang ditawarkan mulai kamar tidur, dapur, kamar mandi, kipas angin, AC dan kulkas," ujarnya.

Yusron mengakui jumlah tersebut masih kurang mengingat kuota penonton yang sudah diputuskan pemerintah mencapai 100 ribu orang. Namun dirinya optimistis akomodasi untuk MotoGP bisa tercukupi.

Apalagi Kementerian Perhubungan sudah menyetujui untuk memanfaatkan kapal pesiar sebagai hotel terapung yang dihadirkan di Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat.

"Tentu itu semua akan melihat demand lagi. Yang pasti pemprov akan mengoptimalkan seluruh potensi dan fasilitas yang ada di dalam daerah dulu," kata Yusron.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini