Share

Wow, Bangunan Bersejarah di Cianjur Disulap Jadi Tempat Promosi Ekraf

Antara, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 406 2540308 wow-bangunan-bersejarah-di-cianjur-disulap-jadi-tempat-promosi-ekraf-NhhkiFD6nD.JPG Stasiun KA Cianjur, salah satu bangunan heritage (Foto: Antara/Ahmad Fikri)

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Jawa Barat, mencatat 11 bangunan bersejarah atau heritage di Cianjur, akan dikembangkan menjadi tempat promosi pelaku ekonomi kreatif khususnya pelaku usaha muda, sehingga pemulihan ekonomi dapat berjalan cepat.

Kepala Disbudpar Cianjur, Pratama Nugraha di Cianjur Minggu, mengatakan dari belasan bangunan yang memiliki sejarah tersebut, akan didata dan diverifikasi untuk digunakan sebagai lokasi pengembangan dan promosi produk unggulan yang dihasilkan.

"Terdata saat ini, ada 11 bangunan yang memiliki nilai sejarah yang dapat kembangkan sebagai tempat untuk promosi berbagai produk unggulan yang dihasilkan pelaku usaha kreatif anak muda di Cianjur," katanya.

Tujuan dijadikannya tempat yang memiliki nilai sejarah itu, sebagai bentuk pelestarian sekaligus menjadi pusat kegiatan perekonomian dengan tampilan modern seperti bekas bioskop Sinar, Gedung Ampera dan beberapa bangunan di area Stasiun Cianjur.

Meski sejumlah lokasi milik pribadi atau perorangan, tutur dia, pemerintah daerah akan menjalin kerjasama, termasuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan, sehingga bangunan bersejarah di Cianjur masih tetap terjaga dan terpelihara secara baik.

"Untuk bekas bioskop Sinar, pemilik sudah siap untuk kerjasama dengan pemerintah daerah, harapan kami pemilik bangunan lain juga sama. Sehingga pelaku ekonomi kreatif di Cianjur, dapat ditampung di sejumlah tempat tersebut, selain memelihara sejarah, perekonomian juga berkembang," katanya.

Sementara sejumlah pelaku usaha kreatif di Cianjur, menyambut baik tempat yang memiliki nilai sejarah di Cianjur, menjadi pusat pemasaran dan promosi serta pengembangan usaha karena selama ini, mereka hanya menawarkan produknya melalui media sosial.

"Tentunya kita menyambut baik, terutama selama pandemi, kami hanya bisa memasarkan produk yang dihasilkan melalui media sosial. Semoga rencana pemerintah daerah ini, dapat terkabul dalam waktu dekat, sehingga berbagai produk unggulan dari kreatif muda Cianjur, memiliki tempat promosi," kata pelukis muda Cianjur, Erik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini