Share

Jawa Barat Targetkan 36 Juta Kunjungan Wisatawan di 2022, Wisata Outdoor Jadi Andalan

Antara, Jurnalis · Senin 31 Januari 2022 21:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 31 406 2540761 jawa-barat-targetkan-36-juta-kunjungan-wisatawan-di-2022-wisata-outdoor-jadi-andalan-79ku3p1tBp.jpg Glamping Lakaside Rancabali, tempat wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Instagram @pilotlieur)

PEMERINTAH Provinsi Jawa Barat menargetkan kunjungan 36 juta wisatawan nusantara dan 33 ribu wisatawan mancanegara ke objek wisata yang ada di daerah ini selama tahun 2022.

"Dan target kami tahun ini 36 juta kunjungan wisatawan nusantara dan 33 ribu wisatawan mancanegara. Untuk tahun ini analisa kami ada peningkatan kunjungan karena orang ingin melakukan aktivitas outdoor besar. Mudah-mudahan kurva kasus COVID-19 terus menurun," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Benny Bachtiar di Bandung, Senin (31/1/2022).

 BACA JUGA: 5 Wisata Kampung Unik di Jawa Barat, Cocok Buat Pelepas Penat Warga Perkotaan

Benny mengatakan, target kunjungan wisatawan tersebut merupakan wujud Pemprov Jawa Barat untuk meningkatkan perekonomian daerah, terlebih sektor wisata menjadi lokomotif ekonomi di Jabar.

Dia menuturkan, ada sejumlah cara untuk mendongkrak kunjungan wisata ke Jawa Barat, salah satunya ialah dengan meningkatkan kebutuhan infrastruktur dan melahirkan tujuan wisata yang sesuai dengan kebutuhan pasar

 

"Mimpi Pak Gubernur Jabar itu ialah konektivitas wisata dengan wisata lain. Strateginya, kita mesti menjual sesuatu yang diinginkan pasar, agar minat orang datang makin tinggi. Termasuk menyiapkan fasilitas penunjangnya," kata Benny.

 BACA JUGA: Ini 8 Taman Wisata di Surabaya yang Kembali Ditutup untuk Cegah Omicron

Lalu, lanjut Benny, perlu kejelian pemerintah daerah untuk menciptakan titik wisata baru yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

"Kami mengajak kabupaten kota berperan aktif di dalam mengeksplor daerahnya. Misalnya di sepanjang jalur pantai Jabar Selatan banyak spot wisata yang bagus. Pemerintah daerah harus lebih jeli melihat peluang," katanya

Benny menganalisa ketertarikan masyarakat terhadap konsep rular tourism cenderung tinggi belakangan ini dan potensi itu bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan desa wisata.

 Ilustrasi

"Konsep Rular tourism potensinya besar dibandingkan destinasi buatan. Contoh banyak orang touring, backpacker, camper van sekarang lagi booming. Itu jadi nilai tambah tanpa merusak ekosistem. Tinggal nyiapin listrik, infrastruktur tambahan saja. Ini yang lagi didorong," kata Benny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini