Share

Sambut Travel Bubble, Ini Sederet Event Wisata yang Siap Digelar di Bintan

Antara, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 406 2540883 sambut-travel-bubble-ini-sederet-event-wisata-yang-siap-digelar-di-bintan-qAVsMqqGW4.jpg Kawasan wisata Lagoi di Bintan, Kepulauan Riau (Antara)

DINAS Pariwisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) telah menyiapkan kalender kegiatan pariwisata internasional 2022, untuk menyambut kunjungan wisatawan mancanegara dari Singapura melalui konsep travel bubble, khususnya di kawasan wisata Lagoi.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Wan Rudy Iskandar menyebutkan beberapa kegiatan besar yang akan digelar, di antaranya Iron Man, Tour De Bintan, MetaMan, KasMarun, hingga Bintan Marathon.

 BACA JUGA: Hambat Travel Bubble, Kepri Minta Warga Singapura ke Bintan-Batam Bebas Visa

"Kami sudah siapkan anggaran Rp3 miliar untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut," kata Wan Rudy Iskandar, Senin.

Namun demikian, kata dia, waktu pelaksanaan kegiatan tersebut masih perlu dibahas lebih lanjut dengan penyelenggara kegiatan serta pihak pengelola kawasan wisata Lagoi, sebagai lokasi atau tempat dilaksanakannya kegiatan kalender pariwisata 2022.

 

Salah satu pertimbangannya, kata dia, penyelenggaraan kegiatan pariwisata tahun ini tentu harus disesuaikan dengan efektivitas masuknya wisman ke Lagoi.

"Kalau Februari 2022, wisman mulai datang ke Bintan, maka Maret 2022. event pariwisata sudah bisa digelar," ujarnya.

 BACA JUGA: Catat! Ini 6 Tips Berhemat Uang Selama Traveling

Lanjutnya menyampaikan rangkaian kegiatan pariwisata 2022 bakal digelar dengan protokol kesehatan ketat, mengingat penyebaran pandemi COVID-19 masih terus terjadi.

Pihaknya akan membatasi jumlah peserta yang akan berpartisipasi dalam setiap kegaitan.

Jika sebelum pandemi, kapasitas peserta mencapai 2.000 orang, namun dengan kondisi COVID-19 sekarang akan dibatasi hanya 500 orang.

"Pelan-pelan saja dulu. Jangan langsung tancap gas, apalagi sudah dua tahun ke belakang tak ada kegiatan pariwisata sekelas internasional di Bintan," ujar dia.

 Ilustrasi

Ia optimis sektor industri pariwisata di daerah itu mulai berangsur pulih 2022, seiring dibukanya akses kunjungan wisman Singapura ke Lagoi Bintan dan Nongsa Batam dengan skema travel bubble (gelembung perjalanan) mulai 24 Januari 2022.

Secara regulasi, lanjutnya, Pemkab Bintan sudah sangat siap menerima kunjungan wisman.

"Harapannya travel bubble antara Batam, Bintan dan Singapura segera terealisasi, sehingga dunia pariwisata kembali bergairah," Ujar Wan Rudy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini