Share

Pilot dan Pramugari Maskapai Ini Dilarang Ngumpul di Luar Jam Kerja, Kok Bisa?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 406 2540980 pilot-dan-pramugari-maskapai-ini-dilarang-ngumpul-di-luar-jam-kerja-kok-bisa-IQPek1mTii.JPG Pramugari Virgin Atlantic (kibrispdr.org)

BERSOSIALISASI di luar jam kerja sudah menjadi hal biasa bagi karyawan perusahaan. Sayangnya, mereka yang bekerja di maskapai Virgin Atlantic telah dilarang melakoni aktivitas itu menyusul kekhawatiran virus corona.

Pilot dan awak kabin maskapai penerbangan Inggris itu telah diinstruksikan untuk tidak bersosialisasi atau berkumpul dengan makan bersama di luar jam kerja sejak 21 Desember 2021.

 BACA JUGA: Maskapai Ini Lakukan Pemeriksaan Berat Badan Pramugari Sebelum Terbang

Meskipun menghabiskan hingga 12 jam bekerja berdampingan dalam penerbangan jarak jauh, kru diberitahu untuk tetap berada dalam gelembung maksimal empat orang saat "bersosialisasi di dalam".

Melansir dari NZ Herald, Rabu (2/2/2022), aturan tersebut sebagai tanggapan atas risiko staf terkena virus corona, yang dapat mengakibatkan kekurangan staf dan pembatalan penerbangan. Namun aturan tampaknya tidak berlaku untuk operator lain.

 

Martin Chalk, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pilot Maskapai Inggris mengatakan pembatasan itu harus segera dicabut.

 BACA JUGA: Kisah Pesawat Mendarat Setelah 37 Tahun Hilang, Begini Fakta Sesungguhnya

"Awak maskapai sudah menghabiskan banyak waktu jauh dari keluarga dan teman-teman mereka. Pembatasan yang diminta ini harus dicabut secepat mungkin untuk memungkinkan mereka saling mendukung seperti biasa saat jauh dari rumah."

Pembatasan tersebut sangat kontras dengan visi asli pendiri Richard Branson untuk "mengembalikan kesenangan dan membawa kemewahan kembali ke langit," pada tahun 1984.

Menurut Independent, juru bicara Virgin Atlantic mengatakan maskapai itu "secara aktif meninjau apakah kebijakan ini masih diperlukan".

"Kami terus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menegakkan ketahanan operasional dan staf, selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan orang-orang kami dan pelanggan kami," kata mereka.

"Selain persyaratan lokal, langkah-langkah sementara diberlakukan bagi kru kami untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 saat mereka berada di luar negeri," jelasnya.

 Ilustrasi

Juru bicara Virgin Atlantic juga mengatakan peraturan ini diberlakukan untuk menghindari gangguan atau pembatalan penerbangan.

"Langkah-langkah ini terus ditinjau dan akan dipertahankan hanya selama diperlukan."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini