Share

Viral! Diterpa Badai, Pesawat Nyaris Terbalik saat Mendarat di Bandara

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 406 2541050 viral-diterpa-badai-pesawat-nyaris-terbalik-saat-mendarat-di-bandara-U3JQMYMXxP.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BADAI Corrie yang melanda wilayah Inggris telah menyebabkan bencana. Pesawat British Airways nyaris celaka diterpa angin kencang saat hendak mendarat di Bandara Heathrow, London pada Senin lalu.

Dalam rekaman video Big Jet TV yang sempat viral di media sosial menunjukkan pesawat hampir terbalik saat menyentuh landasan bandara. Roda pesawat sudah menyentuh aspal, tapi kencangnya angin membuat pesawat tidak stabil sehingga sisi sebelahnya terangkat. Bahkan ekor pesawat sudah berbenturan dengan aspal.

 BACA JUGA: Kisah Pesawat Mendarat Setelah 37 Tahun Hilang, Begini Fakta Sesungguhnya

Beruntung pilot masih bisa mengendalikannya lalu mencoba terbang lagi, bermanuver kemudian melakukan pendekatan kedua.

Melansir dari Independent Online, Rabu (2/2/2022), saksi mata mengklaim debu cat dapat terlihat keluar dari ekor pesawat saat menyentuh tanah selama upaya pendaratan.

 Ilustrasi

Potongan video Big Jet TV

Dalam video yang telah dilihat lebih dari 104 ribu kali secara online, pesawat terlihat bergoyang tertiup angin saat mendekati bandara.

 BACA JUGA: Detik-Detik Pesawat Kargo Menabrak Kereta Bagasi Saat Badai Salju

Menurut pengintai pesawat, penerbangan itu berupaya mendarat di bandara setelah terjebak dalam embusan angin 144 km per jam.

Daily Mail melaporkan bahwa pesawat itu dijadwalkan mendarat di Heathrow setelah berangkat dari Aberdeen, Skotlandia pada pukul 10.50 pagi.

British Airways belum mengatakan berapa banyak penumpang yang ada di dalamnya, tetapi menurut Newshub, sebuah pesawat A321 dapat mengangkut sebanyak 200 penumpang.

Jerry Dyers, yang menjalankan Big Jet TV, terdengar mengatakan "Ya Tuhan!" saat pesawat mulai goyah.

 Ilustrasi

Data dari FlightRadar24.com menunjukkan bahwa BA1307 kembali ke ketinggian 3.675 kaki (11.20 meter) sebelum mendarat dengan selamat pada upaya kedua.

Setelah insiden dramatis itu, Dyers mentweet: "Pilot layak mendapatkan medali! Pelatihan BA dapat menggunakan ini dalam sebuah skenario."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini