Share

5 Tempat Wisata yang Kental Nuansa Imlek di Jakarta, Pasti Seru!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Selasa 01 Februari 2022 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 01 408 2540906 5-tempat-wisata-yang-kental-nuansa-imlek-di-jakarta-pasti-seru-ClW3nlsgc2.jpeg Petak Enam Glodok, Jakarta Barat (MNC Portal)

ADA sejumlah tempat wisata kental nuansa Imlek di Jakarta. Ragam dekorasi bernuansa merah serta ornamen-ornamen khas Tiongkok di beberapa tempat ini bisa melengkapi momen liburan Anda.

Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun kerabat sambil mencicipi kuliner ataupun sekadar foto-foto untuk menikmati kemeriahan Imlek.

 BACA JUGA: Tahun Baru Imlek 2022, Ini 5 Spot Foto Instagramable di Kawasan Pecinan Glodok

Berikut tempat-tempat wisata di Jakarta yang kental dengan nuansa Imlek :

1. Kampung Cina Cibubur

Kampung Cina Cibubur menjadi salah satu tempat wisata kental nuansa Imlek di Jakarta. Terletak di Perumahan Kota Wisata Cibubur, maka jangan heran jika Anda melewati rumah-rumah mewah dengan ciri khas dari berbagai negara.

 Ilustrasi

Di sini, Anda akan dimanjakan dengan bangunan mewah layaknya di China. Selain itu, di Anda juga bisa membeli beragam souvenir bernuansa Negeri Tirai Bambu, mulai dari lampion, payung, hingga pakaian khas China seperti cheongsam.

Tenang saja, biasanya ada berbagai promosi menarik terkait Imlek yang bisa menghemat budget Anda. Tidak ketinggalan pula tarian khas Imlek, yaitu tarian Barongsai pun akan menghiasi sepanjang malam tahun baru China.

 BACA JUGA: Mengenal Legenda Monster Nian Makhluk Mitologi di Balik Perayaan Imlek

2. Kawasan Pecinan Glodok

Tempat wisata kental nuansa Imlek di Jakarta selanjutnya adalah Pasar Petak Sembilan sekitaran Glodok. Ya, selain dikenal sebagai pusat bisnis elektronik dengan harga yang terjangkau, tempat ini juga terkenal dengan aneka kuliner China yang autentik, lezat dan ramah di kantong.

 Ilustrasi

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi klenteng tertua di Jakarta, yakni Klenteng Dharma Bhakti yang didirikan pada 1650 silam. Anda bisa sekadar foto-foto dengan beragam ornamen khas Tiongkok ataupun melihat umat Konghucu beribadah di tempat ini.

3. Klenteng Kim Tek Ie

Saat Hari Imlek tiba, warga keturunan Tionghoa akan ramai sembahyang di tempat ini. Selain itu, para wisatawan juga kerap berdatangan untuk sekadar melihat-lihat ataupun bernarsis ria di sini.

Ilustrasi

Tempat ini terletak di kawasan Tamansari, tepatnya di Glodok, Jakarta Barat. Bentuk bangunan yang khas disertai hiasan ornamen Tiongkok membuat tempat ini sangat kental dengan nuansa Imlek. Sama seperti Klenteng Dharma Bhakti, Klenteng Kim Tek Ie juga termasuk salah satu klenteng tertua di Jakarta.

4. Kuliner Pecenongan

Selain kawasan Pecinan Glodok, Anda juga bisa menikmati aneka makanan khas China yang cocok untuk suasana Imlek di Pecenongan.

Tidak ada salahnya jika Anda mengajak keluarga untuk berlibur ke sini, sebab banyak sekali pedagang yang menjajal jajanan atau makanan khas Negeri Panda ini. Tempat ini akan sangat ramai saat sore hingga malam hari.

 Ilustrasi

5. Berkunjung ke Mal

Berbelanja dan makan bersama keluarga di mall Jakarta tak kalah menarik untuk dilakukan kala liburan Imlek. Banyak deretan mall di Jakarta yang biasanya menampilkan dekorasi khas Tiongkok bernuansa merah serta atraksi menarik seperti pertunjukan barongsai yang seru.

Tak hanya itu, kalian juga bisa mencari diskon serta aneka bazaar spesial edisi Imlek yang bisa memangkas habis budget Anda. Beberapa mall itu diantaranya Baywalk Mall Pluit, Gandaria City, Central Park, Mall Taman Anggrek dan Pondok Indah Mall. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini