Share

12 Kuliner Legendaris Purwokerto yang Wajib Dicoba, dari Mendoan hingga Jenang

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 301 2541450 12-kuliner-legendaris-purwokerto-yang-wajib-dicoba-dari-mendoan-hingga-jenang-KczXv8BAov.jpg Tempe Mendoan (dok Sindonews)

PURWOKERTO -  Kuliner Legendaris di Purwokerto merupakan salah satu tujuan wisatawan datang ke Purwokerto. Seperti kota atau kabupaten lainnya, Purwokerto memiliki kuliner khasnya sendiri. 

Kamu  dapat menemukan banyak kuliner di beberapa tempat di Purwokerto , mulai dari makanan pinggir jalan hingga di resto mahal.

Bagi kamu yang baru pernah datang ke Purwokerto biasanya mencari makanan legendarisnya.

Berikut Okezone.com telah merangkum 12 kuliner legendari di Purwokerto yang tentunya wajib kalian coba:

Mendoan

Makanan yang satu ini tentunya sudah sangat terkenal hingga luar daerah Purwokerto. Mendoan merupakan makanan olahan tempe yang dibalur dengan tepur dan didoreng tidak sampai kering. Makanan ini cocok disajikan dengan sambal kecap atau dengan cabai rawit.

Soto Sokaraja

Soto khas sokaraja memiliki ciri khas kuah bening dengan toping ayam maupun daging sapi. Yang membuat khas adalah soto sokaraja dipadukan dengan sambal kacang yang gurih dan kental.

Gethuk Goreng

Gethuk goreng sokaraja sangat terkenal dan menjadi salah satu pilihan oleh oleh bagi para pelancong yang mampir ke Purwokerto. Di sepanjang jalan Sokaraja anda akan menemukan banyak penjual gethuk ini. Cita rasanya manis dan krispi diluar.

Keripik Tempe

Selain mendoan, makanan khas Purwokerto lainnya yang terkenal dari olahan tempe adalah keripik tempe. Tempe dibalur dengan terigu tipis lalu digoreng kering hingga krispi.

Empal Kupat

Empal kupat merupakan salah satu makanan legendaris Purwokerto dengan cita rasa gurih. Biasnaya empal berisi iso, kikil dan babat.

Kraca

Kraca merupakan hewan moluska yang hidup di persawahan. Biasnaya kraca diolah dengan kuah yang gurih dan sedikit pedas. Sensai makan kraca tentunya berbeda dengan kuliner yang lain.

Nopia

Nopia atau biasanya disebutu Ndog Bulus oleh sebagian orang merupakan jajanan berbentuk bulat dengan warna putih dan didalamnya berisi adonan gula jawa. Cita rasa dari nopia adalah manis gula jawa.

Jenang Jaket

Jaket merupakan singkatan dari jenang asli ketan ini terbuat dari santan kelapa, gula merah, dan beras ketan. Tekstur yang dihasilkan mirip dengan dodol. Biasanya jenang jaket dibungkus menggunakan kertas atau plastik kecil dengan porsi sekali makan.

Dage

Makanan yang terbuat dari ampas kacang atau bahasa lokan=lnya bungkil ini cukup terkenal. Dage biasanya diolah dengan cara digoreng dengan tepung atau dapat juga dimasak untuk campuran sayur.

Es Brasil

Meskipun namanya es brasil, es ini tidak berasal dari negara Brazil. Namun asli dari kota Purwokerto. Es ini memiliki cita rasa autentik dengan berbagai macam varian rasa.

Roti GO

Merupakan salah satu kedai roti tertua di Purwokerto. Bangunannya juga masih mempertahankan keasliannya. Bagi anda pecinta roti wajib datang kesini karena Roti Go menyediakan berbagai macam jenis roti yang dapat anda nikamti.

Bakso Pekih

Sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu, bakso pekih memiliki banyak pelanggan. Bakso pekih memiliki ciri khas kuah bening yang segar dan gurih. Tentunya makanan ini tidak boleh anda lewatkan jika berkunjung ke Purwokerto.

Nah, itu dia 12 kuliner legendaris Purwokerto yang wajib kalian coba jika berkunjung ke kota Satria. Jangan sampai melewatkan kuliner khas sebuah kota, ya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini