Share

Dukung Danau Toba Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini yang Diinginkan Sandiaga Uno

Antara, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 406 2541627 dukung-danau-toba-jadi-destinasi-super-prioritas-ini-yang-diinginkan-sandiaga-uno-8LGpW1W3LI.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan siap gerak cepat mendukung pengembangan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas dengan menghadirkan berbagai program secara menyeluruh.

Hal ini dinyatakan dalam peresmian tujuh pelabuhan penyeberangan dan empat kapal motor penumpang (KMP) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut, Rabu kemarin.

“Infrastruktur yang baik harus diimbangi dengan kehadiran produk wisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan sehingga dapat memberikan pengalaman berwisata yang terbaik bagi wisatawan,” kata Sandi dikutip dalam keterangan persnya.

Infografis Danau Toba

Pelabuhan penyeberangan dan KMP yang telah diresmikan kata dia, diharapkan dapat mendukung keberadaan Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Lebih lanjut, Sandi menambahkan, berbagai program dukungan yang akan diberikan ialah mulai dari pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, produk wisata dan ekonomi kreatif, serta penyelenggaraan event (kegiatan) dan promosi.

Dirinya mengajak masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bersama-sama menjaga infrastruktur yang dihadirkan pemerintah.

"Terbangunnya infrastruktur ini banyak memberikan pelayanan pada masyarakat. Yang terpenting adalah pengelolaannya ke depan agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Adapun tujuh pelabuhan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kesempatan tersebut ialah Pelabuhan Ajibata dan Balige di Kabupaten Toba, Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun, Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara, dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Selain itu, empat KMP yang diluncurkan adalah KMP Pora-Pora, KMP Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-asa, dan Bus Air KMP Jurung-Jurung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini