Share

Resmikan Kampung Ulos Huta Raja, Jokowi: Lestarikan Warisan Pusaka Bangsa

Antara, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 406 2541630 resmikan-kampung-ulos-huta-raja-jokowi-lestarikan-warisan-pusaka-bangsa-HIfiSL7mP3.JPG Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Sumut (Foto: Instagram/@jokowi)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berharap, penataan Kampung Ulos Huta Raja Kabupaten Samosir, Sumatera Utara menjadi langkah penting dalam upaya pemerintah menjaga serta melestarikan wisata pusaka bangsa.

Hal itu disampaikannya kala meninjau dan meresmikan penataan Kampung Ulos Huta Raja, mengakhiri hari pertama kunjung kerja ke Sumatera Utara, Rabu kemarin.

"Semoga dengan revitalisasi ini konservasi terhadap warisan pusaka yang kita miliki di Kampung Ulos Huta Raja ini betul-betul bisa kita kerjakan," kata Jokowi melalui dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden (Setpres).

Presiden menilai bahwa penataan itu telah memperlihatkan perbedaan besar dibandingkan dengan ketika ia terakhir kali berkunjung ke tempat itu pada 2019.

Presiden Jokowi
(Foto: Instagram/@sandiuno)

Kala itu, Presiden memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono untuk menata kembali kawasan tersebut agar menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang menarik.

"Terakhir saya ke sini, 2,5 tahun yang lalu saya ke sini dengan sekarang betul-betul kelihatan penataannya itu sangat baik sekali," sebutnya.

Ia berterima kasih kepada berbagai pihak karena dukungan untuk revitalisasi tempat tersebut.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada seluruh masyarakat, pemerintah daerah yang memberikan dukungan terhadap revitalisasi ini, dan semuanya ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR," ujar dia.

Penataan Kampung Ulos Huta Raja dikerjakan pada 2020-2021 di atas lahan seluas 16 ribu meter persegi dan menelan biaya sebesar Rp25,8 miliar.

Penataan tersebut meliputi revitalisasi atap Rumah Bolon, pembangunan baru Rumah Bolon, Pusat Informasi Budaya Galeri dan Suvenir, penataan Pagar Makam, amfiteater/plaza, warung kopi, dan toilet umum.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut mendampingi Presiden meninjau hasil penataan serta menyapa para partonun di Kampung Ulos Huta Raja bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini