Share

Indonesia Lewat, Wishnutama Bongkar Cara Thailand Sedot Puluhan Juta Wisatawan per Tahun

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 406 2541634 indonesia-lewat-wishnutama-bongkar-cara-thailand-sedot-puluhan-juta-wisatawan-per-tahun-F3veRwuYdC.JPG Mantan Menparekraf RI, Wishnutama Kusubandio (Foto: Instagram/@wishnutama)

MANTAN Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio membeberkan cara unik Thailand dalam mendatangkan puluhan juta wisatawan per tahunnya.

Ia bahkan membocorkan bahwa di tahun 2019 lalu, negeri gajah putih berhasil menyedot pelancong hingga 59 juta orang. Jumlah tersebut jomplang sekali dengan kunjungan wisatawan ke Indonesia di tahun yang sama.

“Thailand negara yang lebih kecil daripada kita, jumlah wisatawannya per tahun di 2019 itu hampir 60 juta. Sedangkan Indonesia, 16 juta,” kata Wishnutama dalam acara 'Transformasi Budaya, Sains, & Kreatif' dikutip dari channel YouTube Abu Marlo.

Saat itu, Wishnutama melihat Thailand adalah negara yang luasnya lebih kecil dan keberagaman budaya yang lebih sedikit dari Indonesia. Tetapi, ada 'pesona' lain yang dimiliki negeri tetangga Indonesia itu untuk mengangkut para wisatawan untuk berkunjung ke negaranya.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

“Ternyata, Thailand itu membangun story. Story tentang The King and I, yang dulu banget. Dimulai dari situ, dibangun cerita-cerita, Thailand’s story, sehingga membuat daya tarik bangsa lain untuk melihat story ini,” paparnya.

Tak sampai di situ, langkah berikut yang dilakukan pemerintah Thailand yakni membangun restoran-restoran Thailand di berbagai negara. Seperti kita tahu, banyak kuliner Thailand yang mendunia, salah satunya saja Tom Yam.

“Mereka menjual menu makanan dan suasana-suasana Thailand dan budaya. Kemudian menunya juga sudah ditentukan, a, b, c. Mereka punya strategi. Dipengaruhi storytelling tadi, lalu dari cita rasa makanan, sehingga mereka (wisatawan) experience Thailand. Itu sebenarnya upaya mereka,” tuturnya.

Menurut dia, upaya lewat film dan konten kreatif lainnya dapat menjadi strategi untuk meningkatkan pariwisata Indonesia. Apalagi, Indonesia memiliki begitu banyak sejarah dan budaya yang kental.

“Kita mestinya harus mengubah strategi pariwisata kita, tidak sekadar iklan, tapi banyak hal yang bisa kita kembangkan. Melalui apa? Film, konten, dan sebagainya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini