Share

Danau Laguna Medan Dikeruk, Siap Dipoles Jadi Destinasi Wisata Air

Antara, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 406 2542835 danau-laguna-medan-dikeruk-siap-dipoles-jadi-destinasi-wisata-air-hQooPNyHLE.jpg Danau Linting di Deliserdang, Sumatera Utara (Instagram)

WALI Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution ingin menghidupkan Danau Laguna menjadi salah satu destinasi wisata air bagi keluarga di kawasan Medan bagian Utara.

"Pengerukan ini untuk mengembalikan fungsi Danau Laguna sebagai kawasan resapan air. Di samping itu, upaya kami menjadikan wisata air," ungkap Bobby di Medan, Jumat.

 BACA JUGA: Dukung Danau Toba Jadi Destinasi Super Prioritas, Ini yang Diinginkan Sandiaga Uno

Menantu Presiden Jokowi ini mengaku pihaknya telah meninjau proses pengerukan danau buatan yang berada di Perumahan Griya Martubung, Jalan Tangguk Raya, Kelurahan Besar, Medan Labuhan.

Masyarakat juga menyebut danau buatan ini dengan Danau Martubung yang memiliki luas 10 hektare, di antaranya delapan hektare merupakan resapan air yang kini mengalami pendangkalan.

 

"Danau buatan ini ditumbuhi eceng gondok, sehingga fungsi kawasan resapan air tidak berfungsi. Kondisi itu menyebabkan kawasan ini rentan banjir," terang Bobby.

Danau Laguna dibangun pada 1990-an bersamaan dengan pembangunan Perumahan Griya Martubung sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi.

 BACA JUGA: Lengkapnya Bentang Alam Gunung Rinjani, Padang Savana hingga Danau Cantik

Saat itu wahana wisata air di danau ini dilengkapi dengan sampan kayu yang membawa pengunjung hingga ke titik-titik tertentu mengelilingi danau, dan pondok terapung sebagai wisata keluarga.

"Jadi selain meminimalisir banjir, pengerukan yang kita lakukan diharapkan dapat menjadikan Danau Laguna sebagai kawasan wisata air," tutur Wali Kota Bobby.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini