Share

8 Kota Terbersih di Indonesia, Beberapa Pernah Raih Penghargaan Tingkat ASEAN

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 408 2542768 8-kota-terbersih-di-indonesia-beberapa-pernah-raih-penghargaan-tingkat-asean-dhTDioIa9d.jpg Jembatan Ampera di Palembang, salah satu kota terbersih di Indonesia (palembang.go.id)

BEBERAPA kota berhasil menjadi wilayah terbersih di Indonesia. Hal ini tak lepas dari kerjasama antara pemerintah dan juga rakyatnya. Kota yang bersih bisa diwujudkan dengan cara belajar untuk membuang sampah dengan benar di tempatnya hingga menjaga kondisi fasilitas umum dengan baik.

Nah, dirangkum MNC Portal Indonesia dari berbagai sumber, berikut 8 kota terbersih di Indonesia. Bahkan, beberapa diantaranya juga berhasil menjadi kota terbersih se-Asia Tenggara lho!

Palembang

Palembang merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia yang berhasil mendapatkan piala Adipura tiga kali berturut-turut dan mendapat penghargaan Environmental Sustainable City (ESC) di tingkat ASEAN.

 Ilustrasi

Jembatan Ampera di Palembang

Palembang juga merupakan salah satu kota yang berhasil menyediakan air bersih dengan target mencapai 80 persen berhasil diterima oleh masyarakat. Target tersebut diperluas hingga 90 persen warga Palembang bisa mendapatkan air bersih.

 BACA JUGA: 7 Daerah Berjuluk Kota Santri di Indonesia, Cocok untuk Wisata Religi

Balikpapan

Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia yang berhasil menempati kota kedua terbersih di ASEAN. Tidak hanya itu saja, kota Balikpapan juga memenangkan 3 kategori sekaligus dalam ajang ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award pada tahun 2014 lalu.

Pada tahun 2019 lalu, kota Balikpapan juga berhasil mendapatkan penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha sebagai kota yang sangat tertib di bidang lalu lintas. Kota Minyak ini berhasil mendapatkan banyak penghargaan karena peran pemerintah dan masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dari kota Balikpapan.

 BACA JUGA: 12 Kota Penghasil Wanita Cantik di Indonesia, Cocok untuk Cari Jodoh!

Jakarta Pusat

Jakarta merupakan salah satu kota yang dikenal dengan tata kota yang cukup ramai dan semrawut. Meskipun demikian, kota Jakarta Pusat berhasil mendapatkan peringkat 2 nasional dengan memenangkan penghargaan Adipura.

Ilustrasi

Monas di Jakarta Pusat (Okezone)

Selain penghargaan Adipura, taman kota Jakarta Pusat Situ Lembang juga berhasil meraih penghargaan dengan kategori best location taman kota.

Tangerang

Tangerang ternyata pernah memenangkan penghargaan Adipura pada tahun 2008 dan 2009. Penghargaan tersebut diberikan karena kota Tangerang merupakan salah satu kota dengan kawasan hunian hingga perkampungan ternyaman karena kebersihannya yang selalu terjaga dengan baik.

Pada tahun 2020, kota Tangerang juga berhasil meraih kembali penghargaan Adipura sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia.

Malang

Pada 2016 lalu, kota Malang berhasil meraih penghargaan dari Non-Goverment Organization (NGO), The Clean Cities Air Partnership Program (CCAP) sebagai salah satu kota di Asia yang memiliki kualitas udara terbaik.

Kota Malang juga berhasil mendapatkan penghargaan Adipura Kencana karena berhasil mewujudkan inovasi kebersihan seperti Bank Sampah Malang, Road Sweeper, pembangunan pengolahan sampah terpadu, revitalisasi taman kota, dan Gerakan Menabung Air.

Makassar

Kota Makassar merupakan salah satu kota di Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan Adipura sebanyak 3 kali berturut-turut sejak tahun 2017 lalu. Sertifikat Adipura tersebut diberikan karena kota Makassar berhasil melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah dan menjaga kondisi kota dalam keadaan yang bersih.

Tidak hanya itu saja, kota Makassar juga mendapatkan penghargaan Adipura ASEAN dalam kategori Clean Land pada acara 4th ASEAN Environmentally Sustainable City Award. Penghargaan yang sangat bergengsi ini tentu memberikan sebuah rasa bangga, terutama bagi pemerintah dan penduduk kota Makassar.

Surabaya

Sebelum menjadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini merupakan Walikota Surabaya yang berhasil menyulap Surabaya menjadi salah satu kota terbersih di Indonesia. Kota Surabaya mendapatkan penghargaan Adipura Kencana pada 2019. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Walikota Tri Rismaharini di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada tahun 2019 lalu.

 Ilustrasi

Gedung Siola di Surabaya (Okezone)

Tidak hanya itu saja, Surabaya juga menjadi salah satu dari tiga kota di dunia yang mendapatkan penghargaan “The Sustainable Cities and Human Settlements (SCHSA)” yang didukung secara penuh oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Penghargaan tersebut bisa terwujud karena Surabaya memiliki sistem pengolahan sampah terpadu yang sangat baik yang bisa mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.

Semarang

Semarang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai salah satu kota wisata terbersih di ASEAN oleh ASEAN Clean Tourist City pada periode 2020 - 2022. Semarang juga menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan Adipura 6 kali berturut-turut sejak tahun 2012.

Prestasi yang sangat membanggakan ini berhasil diwujudkan karena adanya kerja sama antara pemerintah kota dan seluruh lapisan masyarakat di dalamnya. Hingga saat ini, Semarang memiliki taman dan ruang publik hijau sebanyak 259 titik yang terus dijaga dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini