Share

Mitos Gunung Anak Krakatau dan Kotak Pandora Pembawa Orang ke Alam Gaib

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 406 2543018 mitos-gunung-anak-krakatau-dan-kotak-pandora-pembawa-orang-ke-alam-gaib-MSYrmjTlJC.JPG Gunung Anak Krakatau (Foto: Instagram/@gue_liburann)

DI BALIK kemegahan dan keindahan Cagar Alam Gunung Krakatau, rupanya di sana terdapat mitos dan misteri. Pada awalnya, Gunung Krakatau terbentuk dari tekanan pada kulit bumi yang mengakibatkan kulit bumi terdesak ke atas membentuk paparan yang luas dan beberapa barisan pegunungan yang sangat tinggi.

Konon, dahulu Krakatau pernah meletus dahsyat yang mengakibatkan kerusakan fatal di permukaan bumi. Setelah meletus, kini hanya tersisa barisan Gunung Anak Krakatau yang indah.

Cerita ini terjadi pada tahun 1883 pada saat meletusnya Gunung Krakatau berawal dari perebutan kotak pandora yang bisa membawa siapa pun pemiliknya ke negeri gaib yang diinginkan.

Karena, dahulu di kawasan Gunung Krakatau terdapat sebuah sebuah negeri bernama Kerajaan Karkata yang berada di kaki gunung Krakatau. Pada 1883, kerajaan Krakata mengalami gempa berkali-kali karena terbukanya kotak pandora dari alam lain.

Infografis Gunung Tertinggi di Indonesia

Pada saat bersamaan, seorang dukun kepiting yang merupakan dukun ilmu hitam di kerajaan Karkata menemukan kembali kekuatannya dengan terbukanya kotak pandora tersebut.

Dengan kekuatannya ini dukun Kepiting bisa menghidupkan kembali pasukan kepitingnya yang musnah ketika Krakatau meletus untuk pertama kalinya pada Mei 1883.

Lalu kotak pandora ini kemudian diperebutkan oleh Dukun Kepiting maupun Ratu kerajaan Karkata. Karena menurut ramalan, kotak pandora ini bisa mengantarkan siapapun pemiliknya menuju alam gaib ketika terjadi letusan Krakatau yang paling besar.

Informasi lebih lanjut, potak pandora ini juga diramalkan bisa membantu menghidupkan pasukan jin untuk menghadapi pasukan kepiting yang akan datang menyerang kerajaan Karkata.

Dengan bantuan kotak pandora ini, Ratu kerajaan Karkata pun menghidupkan kembali pasukan jin yang telah pingsan selama ribuan tahun. Tidak lama dari kejadian tersebut, perang gaib pun terjadi dengan memperebutkan kotak pandora antara pasukan jin negeri kerajaan Karkata dan pasukan kepiting.

BACA JUGA: Bertamasya ke Pulau Anak Krakatau, Ini Sederet Aktivitas Seru Bisa Dilakukan

Gunung Anak Krakatau

(Erupsi Gunung Anak Krakatau, Foto: PVMBG)

Ratu kerajaan Karkata dan Dukun Kepiting saling mengejar untuk mendapatkan kotak pandora. Namun sayangnya kotak pandora yang diperebutkan itu justru akhirnya tertutup dan menghilang secara gaib. Hilangnya kotak pandora ini membuat Krakatau meletus dengan hebat pada bulan Agustus 1883.

Kini, Wisata Cagar Alam Gunung Krakatau tidak bisa sembarang dikunjungi orang. Hanya wisatawan yang benar-benar mendapatkan izin yang bisa berkunjung ke sana. Di lokasi tersebut, juga jarang sekali ada kegiatan wisata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini