Share

7 Kota di Indonesia Rayakan Imlek dengan Cara Unik, Perang Air hingga Tradisi Tolak Roh Jahat

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 06 Februari 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 06 408 2543044 7-kota-di-indonesia-rayakan-imlek-dengan-cara-unik-perang-air-hingga-tradisi-tolak-roh-jahat-jXucXXGXwE.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ORANG Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek dengan suka cita. Mereka menggelar berbagai tradisi sesuai dengan budayanya masing-masing, tak terkecuali masyarakat di Tanah Air. 7 Kota di Indonesia ini rayakan Imlek dengan cara unik.

Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari 2022. Sejumlah perayaan di belahan dunia menjadikan Imlek lebih berwarna. Indonesia sendiri memiliki tradisi Imlek yang sangat beragam, mulai dari Imlek Fair di Medan sampai tradisi Tatung di Kalimantan Barat.

1. Imlek Fair, Medan

Masyarakat Tionghoa di Medan mempunyai acara rutin yang digelar setiap tahunnya. Dinamakan Imlek Fair, festival ini menampilkan beragam kesenian khas Tionghoa seperti tarian Barongsai. Selain itu tamu yang hadir dapat menikmati aneka kuliner yang di sajikan.

2. Pulau Kemaro, Palembang

Perayaan Cap Go Meh juga digelar di Pulau Kemaro, Palembang. Perayaan ini biasanya menarik ribuan pengunjung untuk datang. Mereka dapat menyaksikan pawai kesenian khas Imlek.

Tradisi Imlek

(Foto: MNC Portal/M Sukardi)

Beragam kegiatan memeriahkan acara Cap Go Meh di Palembang, termasuk kegiatan ibadah, persembahan untuk legenda Pulau Kemaro Siti Fatimah, dan penerbangan lampion.

3. Perang Air, Riau

Kepulauan Riau lebih tepatnya Kota Selatpanjang akan memiliki tradisi yang berbeda dari kota lain di Indonesia. Masyarakat Tionghoa di kota itu merayakan Festival Perang Air atau tradisi Cian Cui. Tradisi ini berawal dari permainan warga Tionghoa Selat Panjang, di mana peserta festival turun ke jalan dan melakukan perang air dengan menggunakan pistol air.

4. Glodok, Jakarta Barat

Masyarakat Tionghoa di daerah Glodok, Jakarta Barat, menggelar tradisi Patekoan. Tradisi ini dilakukan dengan menyediakan air teh gratis kepada para pejalan kaki yang melewati tempat itu. Seperti teh-teh China dan Jepang pada umumnya, teh yang disajikan tidak manis. Bagi pejalan yang lebih suka menikmati teh manis mereka bisa menambahkan gula pasir.

5. Grebeg Sudiro, Surakarta

Keturunan Jawa China yang ada di Surakarta, Solo biasanya mengadakan festival Grebeg Sudiro saat Imlek. Area tersebut dimeriahkan dengan pukulan simbal, pukulan gendang, dan juga ratusan lampion. Perayaan Imlek di sana juga tidak lepas pertunjukan Barongsai

6. Pasar Imlek Semawis, Semarang

Kota Semarang, Pasar Semawis setiap tahun menggelar perayaan Imlek dengan menggelar festival Pasar Imlek Semawis (PIS). Festival ini dimeriahkan dengan kegiatan bazar, atraksi barongsai, hingga pertunjukan wayang potehi. Peserta festival akan dimanjakan dengan makanan hasil akulturasi budaya Semarang dan Tionghoa seperti lumia Cap Go Meh.

7. Singkawang, Kalbar

Anda bisa merayakan sensasi Imlek di Beijing dengan datang ke Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Perayaan Imlek di sana disebut-sebut sebagai yang terbesar di Indonesia. Uniknya, kota ini juga menggelar tradisi Tatung, di mana para pria, wanita dan anak-anak berkumpul untuk menolak roh jahat dan kemalangan di tahun baru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini