Share

Jembatan Bersejarah Dibongkar demi Kapal Pesiar Rp7 Triliun Milik Jeff Bezos, Berikut Faktanya

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Senin 07 Februari 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 07 406 2543274 jembatan-bersejarah-dibongkar-demi-kapal-pesiar-rp7-triliun-milik-jeff-bezos-berikut-faktanya-YcDczPBC4x.JPG Koningshaven, jembatan bersejarah di Rotterdam, Belanda akan dibongkar demi kapal pesiar Jeff Bezos senilai Rp7,2 triliun (Foto: Heromag.net)

PEMERINTAH Kota Rotterdam, Belanda berencana menghancurkan sebuah jembatan bersejarah di Eropa untuk memungkinkan superyacht alias kapal pesiar super mewah yang dibangun untuk pendiri Amazon, Jeff Bezos agar dapat mencapai laut lepas.

Melansir The New York Post, Jembatan Koningshaven yang terkenal di Rotterdam terancam hancur karena superyacht terlalu tinggi untuk melewati bawah jembatan.

Kapal senilai Rp7,2 triliun

Kapal bertiang tiga setinggi 417 kaki (127 meter) itu menelan biaya pembangunan sekitar USD500 juta atau setara Rp7,2 triliun dan sedang dibangun di Belanda.

Megamiliuner dan pembuat perahu Oceano dilaporkan meminta pejabat Rotterdam untuk sementara waktu membongkar jembatan ikonik tersebut. Ia kemudian berjanji untuk mengganti biaya yang dihabiskan kota untuk pekerjaan itu.

Membongkar dan memasang kembali bagian tengah jembatan, yang dikenal secara lokal sebagai 'De Hef', diperkirakan akan memakan waktu lebih dari dua pekan. Pejabat Rotterdam menggembar-gemborkan proyek Bezos sebagai sumber pendapatan.

Jeff Bezos
(Foto: The Times)

"Dari perspektif ekonomi dan mempertahankan lapangan kerja, pemerintah kota menganggap ini proyek yang sangat penting," kata pemimpin proyek kota, Marcel Walravens.

"Selain itu, Rotterdam juga telah dinyatakan sebagai ibu kota maritim Eropa. Oleh karena itu, pembuatan kapal dan aktivitas di dalam sektor itu merupakan pilar penting kotamadya," lanjutnya.

Menuai kontra

Sementara itu, pemimpin lokal lain tidak setuju dengan proyek pembongkaran jembatan dan mengeluarkan teguran keras terhadap bisnis Amazon.

"Pria ini telah mendapatkan uangnya dengan memotong staf secara struktural, menghindari pajak, menghindari peraturan dan sekarang kita harus merobohkan monumen nasional kita yang indah?" cetus politisi Rotterdam, Stephan Leewis menulis di Twitter

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Tentang Koningshaven

Koningshaven merupakan salah satu landmark Rotterdam pertama yang dipulihkan setelah kota itu dibom dalam Perang Dunia II.

Jembatan sudah nampak usang setelah sebuah terowongan dibangun untuk lalu lintas kereta api pada tahun 1993. Namun penduduk kota menolak untuk menghancurkannya.

Superyacht Y721 Bezos akan menjadi salah satu kapal layar terbesar yang pernah dibuat di Belanda. Ketinggian yacht yang menjulang telah menimbulkan masalah untuk orang terkaya kedua di dunia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini