Share

Dongkrak Pariwisata, Sandiaga Siap Hadirkan Event F1 Boat Race di Danau Toba

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 406 2544661 dongkrak-pariwisata-sandiaga-siap-hadirkan-event-f1-boat-race-di-danau-toba-K5Z9XosNbl.jpg Danau Toba di Sumatera Utara (Foto maritim)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan siap menghadirkan event olahraga berskala internasional, F1 Boat Race di Danau Toba, Sumatera Utara.

“Kita akan menghadirkan di Danau Toba Formula 1 di atas air,” kata Sandiaga Uno dalam Rakernas II PHRI 2022, Rabu (9/2/2022).

 BACA JUGA: Wisatawan Positif COVID-19 Keliling Malang Minta Maaf, Proses Hukum Tetap Lanjut

Dia mengatakan, ada beberapa event internasional lainnya yang digelar di sejumlah destinasi super prioritas seperti Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Event-event bertaraf internasional tersebut berpotensi mendongkrak pariwisata di Indonesia. Terlebih sebagai kebangkitan pariwisata Indonesia usai pandemi Covid-19.

 

“Di lima destinasi wisata super prioritas, memang Borobudur akan menjadi puncak Asian Tourism Forum di tahun 2022-2023, Mandalika (akan ada) MotoGP, Labuan Bajo menjadi venue ASEAN Summit 2023, dan di Likupang juga akan ada World Beach Games,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta izin ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelenggarakan dua ajang olahraga internasional di Danau Toba. Di antaranya saja perahu motor Formula 1 atau F1 H2O dan Tour de Danau Toba.

 BACA JUGA: Viral Wisatawan Positif COVID-19 Jalan-Jalan di Kota Malang, Sandiaga Uno: Tindak Tegas!

“Danau Toba yang memiliki potensi sebagai tempat penyelenggaraan event internasional tematik, saya kira ke depan bisa menyelenggarakan event olahraga berskala internasional seperti F1 H2O dan Tour de Danau Toba. Saya meminta izin kepada Presiden agar @kemenparekraf.ri menyelenggarakan satu major international event seperti yang sudah diselenggarakan,” tulis Luhut melalui akun Instagram resminya, Jumat (4/2) silam.

“Dengan adanya event olahraga internasional tematik di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, agar bisa dikenal lagi sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia,” kata dia.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini