Share

7 Kota Tua Paling Keren dan Instagramable di Indonesia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 408 2544727 7-kota-tua-paling-keren-dan-instagramable-di-indonesia-ZAOssVgTbh.jpg Kota Tua Jakarta (myeatandtravelstory.wordpress.com)

INDONESIA yang pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang memiliki beraneka ragam model bangunan bekas kolonial. Bangunan yang punya sejarah itu pun sangat memanjakan mata jika kita mengunjunginya.

Kini, Indonesia memiliki setidaknya 7 kota tua yang punya bangunan paling keren dan Instagramable. Penasaran apa saja? Yuk simak!

Kota Tua Jakarta

Ini adalah kota tua yang paling populer di Indonesia. Bangunan tua sisa-sisa Batavia bisa dilihat dengan jelas di beberapa titik, seperti Jembatan Kota Intan, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahilah, Kawasan Kali Besar dan lain-lain.

 BACA JUGA: 7 Kota di Indonesia Rayakan Imlek dengan Cara Unik, Perang Air hingga Tradisi Tolak Roh Jahat

Pemprov DKI Jakarta terus gencar melakukan revitalisasi bangunan-bangunan tua di Kawasan Kota Tua. Tak heran jika Kawasan ini menjadi magnet bagi wisatawan domestik serta mancanegara.

 Ilustrasi

Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua Jakarta (Okezone)

Kota Tua Yogyakarta

Kalau bicara Jogja seakan tak cukup kata untuk menjelaskan betapa eksotisnya kota ini. Dari pusat kota, tepatnya di Jl. Jendral Sudirman sampai titik KM 0 Yogyakarta, ada banyak bangunan bersejarah dengan nuansa oldies dan vintage yang berpadu antara gaya Jawa kuno dan gaya Eropa.

 BACA JUGA: 7 Kafe Instagramable di Kota Purwokerto yang Wajib Dikunjungi

Tengok saja Gedung Bank BNI, Gedung Agung, Gedung Bank Indonesia dan Kantor POS. Belum lagi Kawasan Keraton Kasultanan, Kawasan Kota Gedhe dan lain-lain.

Kota Tua Tegal

 

Di sini, terutama saat sore hari kamu akan merasakan suasana bak di kawasan titik nol Jogja. Latar belakang gedung tua kolonial dengan pedestrian yang lebar dan bangku-bangku taman yang bertebaran akan membuatmu betah berfoto ria.

 

Ikon yang paling menarik di sini adalah Gedung Birao dan juga Menara air Van Tegal. Pemkot Tegal tengah giat melakukan revitalisasi kawasan kota tua yang dimilikinya. Hal ini terlihat jelas dari penataan Kawasan Taman Pancasila di depan Stasiun Tegal hingga Alun-alun kota.

Kota Tua Sawahlunto

Bangunan-bangunan tua dengan gaya Kolonial Belanda berdiri kokoh hampir di setiap sudut Kota ini . Perhatian pemerintah pada Kota Tua Sawahlunto berhasil menjadikan kota bekas tambang ini menjadi salah satu kota tua tercantik di Indonesia dan masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO pada 2019 yang lalu.

Bangunan-bangunan terkenal di sini antara lain : Kantor PT. BA UPO, Gedung Pusat Kebudayaan, Masjid Agung Nurul Islam,Museum Goedang Ransoem, dan lain-lain.

Follow Berita Okezone di Google News

Kota Tua Surabaya

 

Ada banyak tempat di Surabaya yang oldies, retro dan vintage. Namun, nuansa kota tua akan sangat terasa ketika mengunjungi kawasan Jembatan Merah dan Tugu Pahlawan.

Mulai dari gedung-gedung yang bertebaran di kiri dan kanan jalan menuju rumah-rumah warga, semuanya masih menjadi ciri bangunan tua yang kokoh dengan interior tempo dulu.

 Ilustrasi

Kota Tua Bandung

Jika ingin berburu nuansa vintage di Bandung, langsung saja menuju Jl. Asia Afrika dan Jl. Braga. Banyak sekali gedung-gedung bergaya artdeco atau Indis yaitu bangunan yang mengadaptasi desain Eropa namun disesuaikan iklim Indonesia pada era Hindia Belanda.

Lihat saja Gedung Merdeka, Landmark Braga, Gedung de Vries, Gedung Majestic, dan masih banyak lagi.

Kota Lama Semarang

Bangunan terkenal di kota tua Semarang antara lain Gereja Blenduk, Lawang Sewu, Gedung Marba dan lain-lain. Selain itu, banyak bangunan antik yang tersebar di kawasan Kota Tua Semarang yang fungsinya masih dipertahankan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini