Share

5 Hal Ini Disembunyikan Hotel dari Tamunya, Handuk dan Sprei Nggak Diganti?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 406 2545051 5-hal-ini-disembunyikan-hotel-dari-tamunya-handuk-dan-sprei-nggak-diganti-NfuHLgZZuu.jpg Ilustrasi hotel (dok freepik)

HOTEL merupakan rumah singgah bagi mereka yang sedang bepergian ke suatu daerah. Untuk itu, bisnis hotel terlihat menggiurkan bagi sebagian orang. Begitu juga dengan para tamu, mereka pasti senang untuk menginap di hotel karena akan dilayani dengan staf hotel yang ramah.

Akan tetapi, tahukah kamu bahwa hotel juga punya rahasia yang tidak akan pernah diberitahu ke tamunya? Apa saja hal yang tidak akan pernah hotel beritahu ke tamunya?

Mengutip kanal Youtube Vie Try Day, berikut hal yang disembunyikan hotel dari tamunya:

1. Pembasmian Serangga

Buat kamu yang belum tahu, pest control adalah pengusiran serangga di bangunan-bangunan. Hotel tidak ingin tamunya tahu kapan hotel melakukan pembasmian. Karena pada saat mereka melakukannya, serangga yang bersembunyi di kamar akan keluar. Makanya hotel akan memilih hari-hari tamu tersepi.

infografis

2. Kamar Hotel Ready Sebelum Check-in

Pernahkah kamu mendengar petugas resepsionis mengatakan "Maaf ibu belum bisa check-in karena kamarnya belum ready." Hal itu bisa jadi benar, tapi mungkin saja bohong. Karena kamar hotel itu akan dibersihkan tepat setelah tamu check-out.

Jadi, ada kemungkinan hotel berbohong ketika mengatakan kamar belum ready kepada tamunya. Mereka ingin mematuhi SOP yakni mereka mengharuskan tamu check-in pada jam-jam tertentu. Biasanya, jika tamu datang sebelum waktu check-in, petugas akan melakukan up selling untuk mengenakan biaya tambahan, atau membiarkan kamu duduk di lobby sembari menyodorkan buku menu untuk memesan sesuatu.

3. Perlengkapan di Hotel Sebenarnya Murah

Jika kamu pergi ke hotel bintang 5 yang sudah memiliki brand perlengkapan sendiri, mungkin mereka memang menggunakan perlengkapan yang mahal. Tapi, di kebanyakan hotel, mereka menggunakan sabun, sikat gigi, dan shampoo dengan harga yang murah.

Bahkan, harga dari amenities yang tersedia dari hotel, bisa setengah dari harga sabun yang biasanya kamu lihat di supermarket. Tapi, biasanya tamu tidak mencari isinya, melainkan tempatnya karena label hotel di kemasan tersebut yang cukup menarik perhatian tamu.

4. Kasur Hotel Lama Nggak Diganti

Khusus hotel bintang 4 ke atas, biasanya mereka telah memiliki SOP yang tegas dan jelas tentang penggantian kasur yang ada di hotel. Biasanya rentang waktu penggantian kasur ini adalah 5 sampai 10 tahun. Dengan pest control ketat dan terjadwal khusus untuk kutu kasur juga.

Akan tetapi, untuk hotel kecil, ini merupakan hal yang agak sulit untuk diikuti karena biaya penggantian kasur cukup mahal dan tidak semua hotel kecil bisa membiayai perhantian kasur bahkan setiap 5 atau 10 tahun sekali. Makanya, jangan heran kalau misalnya kamu menemukan kutu kasur di hotel-hotel kecil.

5. Sprei dan Handuk Nggak Diganti?

Percaya atau tidak, salah satu biaya terbesar di hotel adalah biaya laundry. Jadi, untuk perawatan sprei yang berwarna putih itu sangat besar. Makanya, banyak hotel yang tidak bisa memenuhi biaya pencucian handuk dan sprei setiap hari.

Tamu di beberapa hotel tertentu terkadang ditemukan sprei yang belum diganti setelah ada tamu yang short stay. Jadi ketika si tamu check-out, biasanya petugas hanya membersihkan kasur dan memberi sedikit parfum tambahan.

Hal yang sama juga berlaku untuk handuk yang disediakan di hotel. Mungkin di beberapa hotel sudah memberi pengumuman yang jelas dimana handuk nggak akan diganti kalau nggak basah dan diletakkan di lantai kamar mandi. Tapi di beberapa tempat belum tentu ada seperti tulisan pengumuman seperti itu. Jadi, kadang jika handuk basah, pihak hotel hanya akan menjemurnya dan dipakai kembali, bukan diganti baru.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini