Share

Begini Perbedaan Hotel Melati dan Berbintang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 10 406 2545408 begini-perbedaan-hotel-melati-dan-berbintang-TqpXE0fBHc.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

MEMILIH akomodasi penginapan bisa jadi hal yang sulit ketika Anda berencana untuk liburan. Terlebih jika Anda akan berlibur bersama keluarga, memilih penginapan jadi hal yang tidk bisa dilakukan sembarangan.

Misalnya, Anda harus memikirkan fasilitas yang disediakan hotel sesuai dengan kebutuhan orangtua Anda, atau anak Anda. Penting pula untuk memilih akomodasi yang aman dan jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti razia dan kegaduhan lainnya yang dapat mengganggu.

 BACA JUGA: Daftar Mal, Tempat Wisata dan Hotel Paling Ramai Dikunjungi di Tengah Merebaknya Omicron

Banyak jenis akomodasi yang dapat dipilih selama liburan, seperti hotel, resort, hostel, guesthouse, villa, dan lain sebagainya. Namun, hotel masih menjadi pilihan akomodasi terbaik untuk berlibur bersama keluarga.

Sebelum memilih hotel untuk menginap bersama keluarga, pastinya Kawan Puan harus tahu dulu perbedaan antara hotel berbintang dan hotel non-bintang atau yang biasa disebut sebagai hotel melati.

Mengutip kanal Youtube Vie Try Day, sebuah penginapan bisa disebut sebagai hotel berbintang jika mereka memiliki bangunan, papan nama yang jelas, tempat parkir atau drop off, lobby, toilet umum, fasilitas makan dan minum, kamar tidur tamu, dapur, kantor, front office, housekeeping, security dan keamanan seperti CCTV, manajemen, dan lain-lain.

Sedangkan untuk hotel atau penginapan yang berada di bawah standar tersebut itu tidak bisa disebut sebagai hotel berbintang atau tidak layak mendapatkan kualifikasi sebagai hotel berbintang.

 BACA JUGA: Jabodetabek hingga Bali PPKM Level 3, Ingat Lagi Aturan di Tempat Wisata

Sedangkan hotel kelas melati atau non berbintang dibagi menjadi 3 tipe yakni Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Biasanya hal ini dikategorikan berdasarkan jumlah kamar. Jadi, hotel melati Kelas I itu hanya memiliki 5 kamar, hotel melati kelas II punya 10 kamar, dan hotel melati Kelas III punya 15 kamar atau lebih.

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hotel melati merupakan hotel atau penginapan dengan tarif yang sangat murah. Akan tetapi, saat ini harga hotel sudah sangat murah. Sehingga sulit dibedakan antara hotel kelas melati dan juga tempat penginapan lainnya.

Namun, perbedaan yang jelas antara hotel melati dan hotel berbintang adalah, umumnya hotel melati tidak memiliki management board dan sistem keamanan seperti security dan CCTV. Makanya, traveler biasanya kurang tertarik untuk menginap di hotel melati.

Karena kurang diminati traveler, pihak-pihak 'nakal' pun menyukai kelemahan dari hotel melati ini untuk menjalaskan bisnis mereka, seperti prostitusi.

Ilustrasi

Hotel melati seringkali dinilai sebagai tempat yang tepat sebagai sarana untuk menjalankan bisnis tersebut.

Karena kelemahan dan keamanan hotel melati serta harganya yang sangat murah, hotel jenis ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk penyedia jasa atau bisnis prostitusi. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini