Share

Kebun Binatang Adopsi Bayi Monyet yang Dibuang Induknya, Penampakannya Imut Banget

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 406 2545559 kebun-binatang-adopsi-bayi-monyet-yang-dibuang-induknya-penampakannya-imut-banget-1dVqby2BgE.JPG Monyet Goeldi imut diadopsi kebun binatang (Foto: Houston Zoo)

SEBUAH rekaman menunjukkan bayi monyet yang bobotnya tak lebih berat dari bohlam lampu sedang memeluk boneka beruang.

Ia tertidur saat rambutnya disikat oleh petugas kebun binatang Texas, yang terpaksa mengadopsinya lantaran dibuang induknya.

Houston Zoo berkata: "Pada Januari lalu, penjaga primata di Kebun Binatang Houston menemukan kejutan menunggu mereka ketika mereka mendekati Goeldi (diucapkan Gell-Dees) monyet night house - Seorang bayi kecil yang tergantung pada cabang enklosurnya. Tim itu bergerak cepat untuk memperkenalkan kembali pada induknya, Kylie.

Dengan melakukan itu, para profesional perawatan hewan menemukan bayi secara signifikan lebih kecil daripada seorang bayi baru lahir khas Goeldi. Biasanya, primata sekitar 50 gram atau lebih besar saat lahir, tetapi yang mungil ini ditimbang hanya pada 34 gram, tentang bobot bola lampu standar.

Monyet Goeldi

(Foto: Houston Zoo)

"Sayangnya, upaya untuk mendorong Kylie untuk mengambil bayi bernama Betty (untuk menghormati aktris penyayang binatang, Betty White) tidak segera berhasil sehingga tim membuat keputusan untuk mengambil dari induknya," lanjut Houston Zoo.

Pengelola Houston Zoo menambahkan, Betty dan kedua orangtuanya, Kylie, dan Pastor Opie dipindahkan ke Rumah Sakit Hewan Kebun Binatang untuk memajukan perawatannya di bawah pengawasan staf kedokteran hewan.

"Kebun Binatang Houston mengikuti praktik terbaik yang ditetapkan oleh Asosiasi Kebun Binatang dan Rencana Survival Aquariums Spesies untuk Monyet Goeldi yang telah melihat keberhasilan membesarkan monyet Goeldi di masa lalu," katanya.

Tim perawatan hewan Houston Zoo memiliki pengalaman mengadopsi primata. Akhir musim panas lalu, mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan membesarkan Lemur berekor cincin, Cleo.

Hewan itu lebih kecil dari yang mereka harapkan untuk usia 6-minggu dan tidak menggunakan kaki belakangnya. Kini ia telah bergabung kembali dengan kawanannya.

"Pada tahun 2020, kami juga mengadopsi seekor monyet ekor merah Schmidt, Peter Rabbit," sebut Houston Zoo.

Sekadar informasi, Monyet Goeldi adalah primata dunia baru berukuran kecil. Ia dominan berwarna hitam yang beratnya sekitar satu pon.

Goeldi hidup berkelompok di hutan hujan Amazon dan sebagian besar bersifat arboreal. Primata ini lazim ditemukan di pepohonan rimbun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini