Share

15 Tempat Wisata di Purwokerto, Pesonanya Bikin Betah Liburan

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 408 2545699 15-tempat-wisata-di-purwokerto-pesonanya-bikin-betah-liburan-8LVEUWLp0j.jpg Lokawisata Baturaden (dok ANTARA)

PURWOKERTO di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memiliki sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Baik wisata edukasi maupun wisata alam, semuanya bisa ditemukan di kota ini.

Berikut Okezone.com rangkum tempat wisata di Purwokerto yang bisa kamu kunjungi:

1. Lokawisata Baturaden

Memiliki hawa yang sejuk dengan pemandangan hijau nan asri, objek wisata Lokawisata Baturaden terletak disebelah utara kota Purwokerto dan berada di lereng gunung Slamet. Wahana yang disuguhkan antara lain, kolam renang, sepeda air, terapi ikan, dan mini zoo.

2. Kebun Raya Baturaden

Selain Lokawisata Baturaden, Purwokerto juga memiliki Kebun Raya Baturaden yang wajib anda kunjungi. Sama-sama terletak di Baturaden, kebun raya ini memiliki pemandangan yang asri dengan hawa yang sejuk. Anda akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan pinus dan berbagai tanaman yang memang menjadi koleksi di Kebun Raya Baturaden.

infografis

3. Telaga Sunyi

Masih di daerah Baturaden, Telaga Sunyi menjadi salah satu tempat yang cocok anda kunjungi untuk healing. Telaga yang konon menjadi sumber mata air utama di kawasan Baturaden ini memiliki air yang sangat jernih, bahkan hingga dasar airnya pun terlihat. Airnya sangat sejuk karena berasal dari gunung Slamet.

4. Hutan Pinus Limpakuwus

Hutan Pinus Limpakuwus tidak begitu jauh dari Kebun Raya Baturaden. Objek wisata dengan hutan pinus sebagai penariknya menjadi salah satu tempat tujuan wisatawan. Pasalnya, Hutan Pinus Limpakuwus tidak hanya menyuguhkan deretan pohon pinus yang menjulang, namun juga spot foto yanng menarik. Udara disini juga masih sangat bersih dan sejuk. Apalagi saat kabut turun, atmosfirnya akan sangat berbeda.

5. Curug Jenggala

Terletak di desa Petahunan yang mana masih di daerah Baturaden, curug Jenggala atau air terjun Jenggala merupakan salah satu hidden gem di darah ini. Karena, tempatnya memang sedikit tersembunyi, namun pemandangan yang disuguhkan sungguh indah yaitu air terjun yang mengalir deras dan pemandangan alam yang masih asri.. Anda dapat memilih untuk jalan kaki dari loket tiket atau menggunakan kendaraan. Jika memilih berjalan, akan memakan waktu sekitar 15 menitan. Namun, anda akan disuguhkan pemandangan yang indah selama perjalanan.

6. Curug Gomblang

Curug yang berada di daerah Kedungbanteng ini juga tidak kalah menarik dari curug Jenggala. Pemandangan yang masih asri serta air terjun yang deras menjadi spot menarik pada objek wisata ini.

7. Curug Bayan

Curug Bayan merupakan curug yang berada di daerah Ketenger, Baturaden. Kelebihan dari curug ini adalah aksesnya yang sangat mudah, karena letaknya tidak terlalu masuk ke hutan dan air terjunnya yang tidak begitu tinggi. Anda dapat menikmati keindahan curug Bayan dengan bersantai di pinggiran.

8. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu merupakan tempat pemandian air panas yang mengalir dari tebing. Air panas ini mengandung belerang yang dipercaya dapat mengatasi penyakit kulit.

9. Baturaden Advanture Forest

Jika anda ingin wahana yang cukup menantang adrenalin, anda dapat mengunjungi Baturaden Advanture Forest. Pasalnya, disini anda akan menemukan berbagai wahana menarik, seperti river boarding dan rapperlling. Tentunya, anda harus menyiapkan budget lebih untuk wahana di objek wisata ini.

10. Bukit Watu Meja

Berada di kecamatan Kebasen, Bukit Watu Meja menyuguhkan pemandangan yang berbeda yaitu pemandangan kawasan sungai serayu yang berkelok-kelok diantara perbukitan. Untuk sampai ke kawasan ini, anda perlu menyiapkan fisik serta mental karena rute perjalanan yang cukup ekstrem.

11. Curug Cipendok

Selain di kawasan Baturaden, curug yang indah juga dapat anda temukan di kawasan Cilongok. Curug Cipendok memiliki daya tarik yang berbeda. Karena, alam disekitar air terjun ini masih terjaga dengan baik dan udaranya masih segar. Untuk menuju ke area ini pun tidak susah, karena jalanannya sudah diaspal.

12. Bukit Bintang Baturaden

Wisata malam yang menyuguhkan pemandangan kota Purwokerto di malam hari merupakan salah satu pilihan yang menarik. Terletak di desa Karangmangu, Baturaden, dijamin anda tidak akan menyesal jika datang ke tempat ini.

13. Camp Area Germanggis

Camp Area Germanggis terletak di daerah Cilongok. Objek wisata yang menyuguhkan konsep wisata fun education ini cocok dikunjungi dengan keluarga. Pasalnya, tidak hanya disuguhkan pemandangan yang indah, anda juga dapat melakukan camping disini dengan keluarga.

14. Bukit Agaran

Bukit Agaran merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan spot foto yang menarik dengan background pemandangan awan dan langit biru. Dipadukan dengan hijaunya hutan disekitar area ini membuat wisata Bukit Agaran menjadi salah satu pilihan menarik untuk dikunjungi ketika libur.

15. The Village

Jika anda tidak memiliki banyak waktu, anda bisa mencoba datang ke The Villae Purwokerto. Berada di pinggir jalan utama menuju Baturaden, tempat wisata dengan tema Eropa ini cocok untuk anda yang hanya ingin sekedar foto-foto dan bersantai. Banyak spot menarik untuk berfoto dan juga ada beberapa binatang yang dapat anda beri makan disini. Cocok juga jika anda membawa anak untuk bermain disini.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini