Share

Mau Berkunjung ke Purwokerto? Cek 15 Destinasi Wisata Romantis yang Bisa Dikunjungi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 408 2546121 mau-berkunjung-ke-purwokerto-cek-15-destinasi-wisata-romantis-yang-bisa-dikunjungi-f4O6roosmE.jpg Ilustrasi traveling (freepik)

TEMPAT romantis di Purwokerto. Ibukota kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memang tidak setenar kota-kota lainnya, seperti Semarang dan Solo. Namun, perlu diketahui pesona yang ditawarkan kota yang dekat dengan gunung Slamet ini tak kalah dengan dengan kota lainnya.

Apalagi bagi kamu yang mencari tempat-tempat hits dan romantis. Purwokerto telah menawarkan sejumlah destinasi yang wajib dikunjungi dengan pasangan.

Lantas tempat romantis apa saja yang dimiliki Purwokerto? Berikut Okezone.com rangkum 15 tempat romantis untuk kamu kunjungi.

1. Alun-alun Purwokerto

Kurang afdol rasanya jika berkunjung di Purwokerto tetapi belum mendatangi Alun-alun Purwokerto. Setelah direnovasi dan dibuka kembali tepat pada malam tahun baru 2015 destinasi satu ini menjadi salah satu tempat wisata romantis di malam hari. Bagaimana tidak? dengan dihiasi air mancur warna-warni dan udara yang sejuk, wisata rakyat ini menjadi salah satu tujuan favorit muda-mudi Purwokerto.

2. Andhang Pangrenan Park

Terletak di Purwokerto Selatan, taman yang cantik ini menjadi salah satu destinasi jalan-jalan kesukaan pasangan muda-mudi. Siapa sangka tempat ini dulunya terminal bus Purwokerto.

Setelah pemerintah setempat memindahkan terminal dan tempat tersebut dialihfungsikan menjadi taman umum. Arti dari Andang Pangrenan sendiri adalah tempat bersenang-senang.

infografis

3. Telaga Sunyi

Sesuai namanya, telaga ini tersembunyi dari keramaian dan masih cukup asri. Pemandangannya yang indah, suara gemericik air, dan telaga yang tenang semakin menambah keromantisan suasana liburan berdua dengan kekasih.

Para pengunjung bisa bermain air dan berenang di kawasan telaga yang cukup aman dan masih terawat dengan baik ini. Selain itu, lokasi juga cocok untuk foto pre-wedding atau pertunangan.

4. Balai Kemambang

Tempat romantis satu ini bisa menjadi pilihan tempat rekreasi ekonomis dengan kekasih. Adanya fasilitas taman bunga memberi kesan romantis dengan memandangi kolam buatan yang ada.

Terlebih lagi di tengah kolam terdapat gazebo besar yang seolah-olah mengapung dan juga ikan hias berwarna warni hidup tenang di dalamnya. Itu sebabnya tempat ini diberi nama Balai Kemambang. Selain tempat duduk, banyak juga arena bermain anak yang lucu-lucu dan asri.

5. Telaga Kumpe

Untuk pasangan yang suka dengan kegiatan alam, berkemah di telaga kumpe bersama kawan-kawan adalah ide yang sangat menarik. Memandangi matahari terbenam atau matahari terbit berdua tentunya bisa menjadi kenang-kenangan yang romantis bersama orang-orang tersayang.

6. Curug Penganten

Curug Penganten bisa dipilih sebagai destinasi yang cocok dikunjungi bagi pasangan pecinta alam. Konon katanya berwisata ke sini bisa mendatangkan rejeki dan lancar jodoh.

Disamping itu, air terjun setinggi 50 meter ini masih dikelilingi alam nan asri dan mempesona. Berjalan bergandengan tangan menyusuri jalan setapaknya yang indah pasti sangatlah romantis.

7. Jl. Dr. Angka

Meski di hari biasa dan siang hari menjadi jalan raya biasa. Jalan ini akan berubah saat Sabtu malam Minggu menjadi tempat nongkrong favorit muda-mudi purwokerto.

Selain itu, banyak juga kafe-kafe seru di sepanjang jalan untuk pasangan yang hobi hangout. Suasana akan semakin romantis saat malam semakin larut ditemani alunan musik lembut dari kafe-kafe di sepanjang jalan.

8. Desa Baseh

Kamu dan pasangan memiliki hobi eksplor tempat? Bosan dengan tempat kencan yang itu-itu saja? Coba saja kunjungi destinasi satu ini pasti seru dan romantis.

Desa Baseh merupakan desa kecil yang masih asri. Tidak ada salahnya berkendara berdua sambil menikmati pemandangan asri dan luar biasa indah di desa ini. Selain itu, Desa Baseh juga memiliki curug-curug kecil yang menunggu untuk dijelajahi.

9. Bukit Bintang Baturraden

Sesuai namanya, Bukit Bintang Baturaden menyuguhkan pemandangan yang indah dari ketinggian. Dengan dibangunnya tempat duduk model tribun sederhana, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota di siang hari, dan lampu-lampu serta bintang di malam hari. Terutama jika duduk berdua dengan kekasih, pasti suasana menjadi romantis dan berkesan.

10. Taman Satria

Bosan dengan taman itu-itu saja di Purwokerto? Coba kunjungi tempat satu ini.. Diterangi lampu-lampu hias dan bangku taman, pasangan muda-mudi bisa bercengkrama sambil mengobrol dan sejenak menghirup udara segar. Selain itu, taman ini juga berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau untuk warga sekitar.

11. Curug Jenggala

Tak heran setelah dibangun anjungan hati semakin terkenal. Curug Jenggala dapat menjadi salah satu daftar kunjungan yang ada di Purwokerto.

Adanya anjungan yang langsung menghadap kemegahan air terjun tentu saja pasangan tidak ingin melewatkan momen romantis berfoto di anjungan tersebut. Selain itu, suasana di sekeliling air terjun juga masih sangat asri dengan air yang jernih dan sejuk di kulit

12. Kebun Raya Baturaden

Menikmati hijaunya alam dengan udara sejuk dan taman-taman bunga yang tertata rapi tentunya membuat suasana kencan semakin romantis. Kebun Raya Baturraden dapat menjadi pilihan dengan menawarkan pemandangan alam yang indah dengan taman-taman bunga dan jalan setapak yang bakal bikin kencan semakin spesial.

13. Bukit Badar Watu Meja

Meski jalan sekitar cukup menantang, pemandangan dari atas Bukit Badar sangat sepadan dengan lelahnya. Apalagi berkunjung dengan kekasih hati, pastinya sungguh romantis dengan saling membantu menapaki tangga alami menuju Watu Meja di Bukit Badar.

Selain itu, terdapat fasilitas berupa sepasang ayunan yang bisa menjadi spot foto yang unik. Pengunjung juga bisa melepas lelah sambil menikmati minuman hangat di warung kecil yang berada di sekitar tempat wisata.

14. Small World Baturaden

Small World di Purwokerto satu-satunya tempat wisata dengan konsep taman yang berisi monumen-monumen terkenal dari seluruh dunia. Selain suasana yang romantis, berkunjung disini juga dapat memuaskan penggemar seni fotografi.

Pengunjung bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan latar pemandangan dari seluruh dunia. Cocok sekali untuk menambah koleksi kenangan dengan kekasih.

15. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih meskipun tempatnya cukup sederhana dan tidak banyak fasilitas namun menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi. Terdapat bangku-bangku bambu yang menghadap indahnya pemandangan kota dan perbukitan bisa jadi tempat bercengkrama dengan pasangan.

Para pengunjung umumnya memanfaatkan tempat ini sebagai tempat berkemah lantaran pemandangannya yang luar biasa. Selain bisa menghirup udara segar, pengunjung juga bisa mengambil foto-foto unik di perbukitan.

Tertarik dengan destinasi romantis yang ada di Purwokerto? Tunggu apa lagi, segera ajak orang tersayang mengunjungi kota Purwokerto dan membuat kenangan indah sebanyak-banyaknya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini