Share

15 Tempat Wisata di Jakarta Barat Paling Menarik, Cocok untuk Melepas Penat

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Minggu 13 Februari 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 408 2546124 15-tempat-wisata-di-jakarta-barat-paling-menarik-cocok-untuk-melepas-penat-ZiYX1lpqJT.jpg Kota Tua, Jakarta Barat (ANTARA FOTO)

TEMPAT wisata khususnya yang berada di Jakarta Barat cukup banyak. Ada beberapa yang sudah sangat terkenal hingga banyak dikunjungi oleh turis asing maupun lokal.

Di Jakarta Barat sendiri memiliki banyak tempat peninggalan sejarah yang tentunya menjadi daya tariknya sendiri.

Lalu, apa saja tempat wisata di Jakarta Barat? Berikut daftarnya:

Kota Tua Jakarta

Bagi pecinta fotografi Okezone sarankan untuk datang ke Kota Tua. Karena kota ini menyuguhkan keindahan arsitektur ala Belanda. Kota Tua Jakarta merupkaan tempat peninggalan sejarah ini memiliki banyak bangunan tua peninggalan Belanda . Kota ini dulunya menjadi pusat perdagangan Asia pada abad ke-16. Maka tak heran jika kota ini masih dijaga kelestarian peninggalan sejarahnya.

Museum Fatahillah

Bangunan yang didirikan pada tahun 1707 ini dulunya adalah sebuah balai kota yang kemudian pada tahun 1974 dirubah fungsinya menjadi sebuah museum. Di museum ini anda akan menemukan banyak koleksi bersejarah seperti prasasti, mebel antik, benda kebudayaan, patung, dan lain-lain.

infografis

Museum Bank Indonesia

Museum yang satu ini merupakan salah satu museum modern yang ada di Jakarta Barat. Museum Bank Indonesia memiliki berbagai macam koleksi yang berhubungan dengan uang, contohnya uang logam, uang kertas, emas, dan berbagai macam lainnya. Jika anda berniat datang ke museum ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang karena disini gratis tiket masuk.

Museum Seni Rupa dan Keramik

Bagi anda yang menyukai seni, museum yang satu ini menjadi pilihan wajib untuk dikunjungi jika anda sedang di Jakarta Barat. Museum Seni Rupa dan Keramik ini menjadi tempat bagi bnayakk karya seni berkelas internasional hingga seniman lokal Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1800an.

Museum Wayang

Museum wayang merupakan rumah dari berbagai jenis wayang yang ada di seluruh daerah Indonesia. Wayang-wayang yang ada disini tentunya memiliki cerita dan sejarah yang menarik. Contohnya wayang kulit, wayang golek, wayang klitik, dan wayang topeng.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Toko Merah

Bangunan toko berwarna merah ini dulunya merupakan tempat tinggal salah satu Gubernur Jenderal VOC. Namun, semenjak tahun 1851 bangunan ini berganti kepemilikan menjadi milik seseorang keturunan Cina dan membuat bangunan ini menjadi toko dan dinamakan Toko Merah.

Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium terletak di Mall Central Park menyuguhkan wisata dengan pemandangan laut yang indah. Disini, anda akan bertemu dengan banyak hewan laut yang dapat dijadikan edukasi untuk anak-anak.

kota tua jakarta

Museum Trisakti

Museum Trisakti merupakan sebuah museum yang dibangun untuk mengenang dan menghormati pejuang reformasi yang gugur pada Mei 1998. Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi seperti barang-barang peninggalan korban dan foto-foto yang menceritakan kejadian tersebut.

Museum Arsip Nasional

Museum ini dulunya merupakan bangunan yang digunakan oleh kolonial Belanda untuk menyimpan arsip. Namun, bangunan dengan pagar yang kokoh dan taman bunga disekitarnya, kini telah menjadi museum Arsip Nasional milik pemerintah Indonesia.

Museum Macan

Museum Macan adalah sebuah tempat yang memiliki koleksi seni kontemporer modern yang memiliki luas sekitar 400 meter. Disini anda akan menemukan kurang lebih 800 koleksi seni yang dikumpulkan oleh Adikoesoemo.

Pancoran China Town

Pancoran China Town merupakan sebuah wilayah di Jakarta Barat yang kental akan suasana Tionghoa. Saat berada disini anda akan menemukan berbagai macam ornamen khas Cina dan juga beberapa penjual makanan hingga obat-obatan tradisional Cina. Anda juga dapat berkunjung ke Vuhara Dharma Bakti ketika berkunjunga ke Pancoran China Town.

Sky Rink

Wisata yang satu ini cocok untuk anda yang ingin bermain ski di Indonesia. Sky Rink terletak di Mall Taman Anggrek. Anda dapat bermain di sini dengan membayar tiket masuk untuk durasi 2 jam.

Kolam Renang Semanan Cengkareng

Kolam renang yang selalu ramai pengunjung ini menyediakan beberapa fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjungnya. Disekitar kolam juga tersedia banyak pohon yang rindang sehingga memberikan kesan yang sejuk.

kota tua jakarta

Pasar Bunga Rawabelong

Bagi pecinta bunga ada baiknya anda mampir ke Pasar Bunga Rawa Belong. Disini anda akan menemukan berbagai macam jenis bunga yang bisa anda beli dan bawa pulang.

Taman Kalijodo

Kalijodo dulunya terkenal sebagai tempat lokalisasi. Namun kemudian tempat ini dirubah menjadi sebuah taman yang kini ramai pengunjung. Anda dapat bermain berbagai macam aktifitas disini, seperti skateboard atau sepeda.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini