Share

Bak Film Horor, Ratusan Burung Mati Misterius dan Jatuh dari Langit

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 13 406 2546418 bak-film-horor-ratusan-burung-mati-misterius-dan-jatuh-dari-langit-2kPVsBZYCA.JPG Burung mati di Wales (The Sun)

SEBANYAK 200 burung mati jatuh dari langit secara misterius pada Kamis 10 Februari 2022 malam di Wales, Inggris Raya. Seorang saksi mata mengatakan, fenomena aneh ini nampak seperti di film horror.

Warga Waterston dan Hazelbeach, Pembrokeshire, Wales, menemukan burung mati berserakan di jalan mereka. Diperkirakan burung-burung mulai muncul pada jam 9 malam dan jatuh pada jam 11 malam.

Seorang penduduk setempat, Claire Eaton, mengatakan kepada BBC tentang insiden misteri yang mengerikan itu.

 BACA JUGA: Serangan Burung Menabrak Baling-Baling Pesawat Hingga Menembus Kabin

"Itu benar-benar traumatis. Di jalan ada beberapa burung mati," katanya dilansir dari The Sun, Minggu (13/2/2022).

"Darah berceceran di mana-mana. Saya melihat kilatan di langit sekitar satu jam sebelumnya," tuturnya.

 

Dia melanjutkan, "Itu seperti sesuatu yang keluar dari film horor. Saya pikir penyebabnya adalah buatan manusia, dan orang-orang perlu menghormati satwa liar kita."

RSP, suatu organisasi perlindungan burung-burung di dunia asal Inggris, belum mengkonfirmasi penyebab kematian mereka. Namun mereka mengatakan burung-burung itu mungkin telah terganggu dari sarangnya pada malam hari.

 BACA JUGA: Serangan Kawanan Burung dan Rubah Bikin Penerbangan di Bandara Ini Kacau

Badan amal satwa liar mengatakan, "Ketika ini terjadi pada malam hari, itu dapat menyebabkan mereka bertabrakan dengan tanah karena mereka mengalami disorientasi."

"Namun, pemeriksaan lebih lanjut akan diperlukan untuk memastikan penyebab insiden ini."

Dewan Pembrokeshire mengkonfirmasi 200 burung jalak telah ditemukan mati, tetapi editor Pembrokeshire Herald Tom Sinclair yakin jumlahnya jauh lebih tinggi.

"Pada gelombang pertama, orang-orang memberi tahu saya bahwa dewan mengumpulkan 10 kantong sampah. Saya ada di sana kemudian, jadi saya pikir beberapa ratus, jika tidak 1.000 burung telah meninggal," katanya.

"Saya ada di sana sekitar pukul 11.30, mereka masih jatuh dari langit. Seolah-olah mereka sudah mati sebelum menyentuh tanah."

Dia menambahkan, "Saya tidak tahu apa yang terjadi, benar-benar tidak tahu,"

"Saya bertanya-tanya apakah mereka diracuni, atau mungkin burung yang bermigrasi dan cuacanya sangat dingin, mungkin mereka membeku dan mati."

Seorang juru bicara Dewan Kabupaten Pembrokeshire mengatakan, petugas mendatangi lokasi dan ada sekitar 200 burung jalak ditemukan mati di jalan.

 Ilustrasi

Pihak berwenang melakukan pembersihan dan mengeluarkan unggas yang mati dari lokasi. Tidak ada indikasi yang jelas mengenai penyebab kematian ini.

"Kami telah melaporkan kejadian tersebut ke Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan," kata juru bicara itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini