Share

Asap Muncul di Area Kargo, Pesawat Ini Terpaksa Mendarat Darurat

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 13 406 2546544 asap-muncul-di-area-kargo-pesawat-ini-terpaksa-mendarat-darurat-gJyEgIbqw9.jpg Pesawat American Airlines (Alamy via New York Post)

PESAWAT American Airlines yang berangkat dari Dallas menuju Killeen, Amerika Serikat terpaksa mendarat darurat di bandara regional Central Texas, setelah adanya dugaan kemunculan asap di area kargo pesawat.

Tak lama setelah awak kabin melaporkan kemungkinan ada masalah mekanis, pesawat kemudian mendarat dengan selamat di Kileen, dan sebanyak 35 penumpang keluar dengan normal.

Melansir dari Newsweek, Senin (14/2/2022), peristiwa itu terjadi dalam penerbangan pada Jumat 11 Februari lalu.

 BACA JUGA: Maskapai Tawarkan Layanan Mile High Club, Aktivitas Bercinta di Pesawat

Sekitar pukul 14.00, pilot menyadari adanya asap di dalam pesawat. Namun, para pejabat tidak dapat menemukan penyebab asap dan pesawat diizinkan untuk kembali beroperasi.

Layanan Kebakaran dan Darurat Lapangan Udara Angkatan Darat Robert Gray dikirim ke pesawat, dan sebanyak 35 penumpang dan tiga anggota awak diturunkan dengan aman dan dievakuasi oleh personel darurat. Tak satu pun dari penumpang atau awak ditemukan mengalami cedera.

 

American Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Tidak ada asap di ruang kargo atau kabin pesawat. Ada tiga anggota awak dan tidak ada laporan cedera pada siapa pun di pesawat."

Janell J. Lewis Ford, juru bicara kota Killeen, mengatakan bahwa informasi tentang asap itu berasal dari pejabat bandara.

 BACA JUGA: Pesawat Mendarat Darurat Gegara Seorang Pria Ancam Bunuh Semua Penumpang

Penerbangan itu berangkat dari Dallas pada pukul 13.10 dengan tujuan akhir Killeen. American Airlines telah menjadwalkan pada Sabtu dan Minggu penerbangan yang sama dari Dallas ke Killeen, sebuah kota berpenduduk sekitar 153.000 orang yang merupakan rumah bagi pangkalan Angkatan Darat Fort Hood.

Sementara itu, penerbangan lain pada bulan yang sama terpaksa mendaratdarurat karena alasan yang lebih dramatis. Penerbangan AirAsia dari ibu kota Malaysia Kuala Lumpur ke Tawau, Sabah, harus dialihkan setelah penumpang melihat seekor ular di kompartemen bagasi di atas kepala. Maskapai menyebutnya sebagai insiden yang sangat langka.

Follow Berita Okezone di Google News

Ada juga dalam penerbangan Frontier Airlines ditunda lepas landas dari Cleveland, Ohio, ketika seorang penumpang secara fisik menyerang seorang petugas gate.

Penumpang dilaporkan bereaksi keras setelah petugas gate mengatakan kepadanya bahwa dia terlalu banyak minum dan harus keluar dari pesawat. Pria itu mengatakan bahwa dia adalah satu-satunya penggemar Cincinnati Bengals, yang bermain di Super Bowl LVI akhir pekan ini, dan telah minum terlalu banyak.

 Ilustrasi

Pada hari yang sama, sebuah penerbangan dari New York ke Florida terpaksa mendarat di Raleigh, North Carolina, setelah seorang penumpang mulai mengancam penumpang lainnya.

Pengalihan penerbangan adalah peristiwa yang jarang terjadi. Menurut Biro Statistik Transportasi, kurang dari 1 persen penerbangan dengan maskapai penerbangan utama AS dialihkan pada tahun 2020, serta tahun-tahun berikutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini