Share

5 Kota Tertua di Indonesia, Usianya Lebih dari 1.000 Tahun!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 13 408 2546446 5-kota-tertua-di-indonesia-usianya-lebih-dari-1-000-tahun-AQZ0t8is30.jpg Jembatan Ampera di Kota Palembang (palembang.go.id)

INDONESIA memiliki wilayah yang sangat luas yang terbagi menjadi 34 provinsi dengan jumlah 98 kota dan 416 kabupaten. Ada sejumlah wilayah yang telah berusia lebih dari 1000 tahun. Artinya sudah berdiri jauh sebelum Indonesia merdeka.

Lantas kota manakah yang paling tua di Indonesia?


Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan daftar dan ulasannya!

1. Palembang

Kota tertua di Indonesia jatuh kepada Palembang, dimana wilayah yang berjuluk Kota Pempek ini telah berdiri sejak 16 Juni 683 Masehi berdasarkan Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang, sebelah barat Kota Palembang.

Ilustrasi

Museum Palembang (Okezone)

Menurut jejak sejarah tertulis tersebut, para penguasa Sriwijaya dahulu mendirikan sebuah Wanua yang ditafsirkan sebagai kota yang menjadi pusat aktivitas Kerajaan. Hal itu berarti hingga artikel ini ditulis, Palembang telah berusia lebih dari 1300 tahun lamanya!


2. Salatiga

Meskipun merupakan kota kecil yang berada di wilayah pegunungan, namun Salatiga merupakan kota tertua nomor 2 di Indonesia karena sudah ada sejak 24 Juli 750 Masehi berdasarkan Prasasti Plumpungan.

Ilustrasi

Pasar Salatiga

Sejarah kota Salatiga juga menarik karena dulunya merupakan wilayah Perdikan, yang berarti kota yang dibebaskan dari pajak dan upeti karena kekhususan dari pihak kerajaan. Kini Salatiga menjadi salah satu destinasi wisata dataran tinggi bagi masyarakat Jawa Tengah.

3. Malang

Meskipun secara administratif keberadaan Kota Malang baru diresmikan pada 1 April 1914, namun wilayah yang berjuluk Kota Apel ini telah ada sejak tahun 760 Masehi berdasarkan Prasasti Dinoyo.

Merujuk kepada isi dari batu tulis yang ditemukan di desa Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru itu, wilayah yang menjadi keseluruhan dari Kota maupun Kabupaten Malang disebut sebagai Kerajaan Kanjuruhan yang diperintah oleh Raja Simha.

4. Magelang

Kota yang sangat terkenal sebagai lokasi dari Candi Borobudur ini juga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia, dimana Magelang pertama kali berdiri pada 11 April 907.

Penetapan hari jadi itu berdasarkan tiga sumber prasasti sekaligus yakni Prasasti POH, Prasasti GILIKAN dan Prasasti MANTYASIH, dimana Magelang dulunya bernama Mantyasih.

Ilustrasi

5. Kediri

Bagi para penggemar sejarah tentu paham betapa sentralnya wilayah Kediri dalam perkembangan kerajaan-kerajaan di Jawa Timur. Adapun menurut berbagai literatur, Kediri telah ada sejak abad ke - 11 atau sekitar tahun 1041 ketika Raja Airlangga berkuasa.

Kediri yang dulunya bernama Kahuripan itu kini juga masih memiliki peran sentral tersendiri, dimana menjadi sebuah kota industri pusat perdagangan gula dan rokok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini