Share

Nikmati Momen "Sunrise" dan "Sunset" Berdua di Lokasi Ini

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 25 2546986 nikmati-momen-sunrise-dan-sunset-berdua-di-lokasi-ini-18GM54hjb0.jpg Ilustrasi menikmati sunsite bersama pasangan (Foto: Dok Freepik)

Genggaman tangan yang erat, yang seolah saling melindungi dan menjaga. Menjejakkan kaki berdua di atas pasir putih yang lembut. Diiringi deburan ombak di pantai yang berlaut biru jernih.

Lanskap angkasa berhias warna violet dan jingga. Menyaksikan berdua matahari yang bersinar lembut oranye kemerahan. Siapa yang tidak menginginkan momen romantis semacam ini? Menikmati detik-detik matahari terbit (sunrise) bersama pasangan tercinta memang menjadi momen yang tidak terlupa. Namun, tidak hanya saat terbit, momen matahari terbenam (sunset) bila ditemani oleh pasangan, tentulah sangat mengesankan. Apalagi momen ini jadi kesempatan bagi Anda dan pasangan untuk menggelar pernikahan atau melakukan sesi foto prewedding.

Suatu anugerah kita tinggal #DiIndonesiaAja dengan segudang wisata lokal yang memesona. Bahkan, untuk menikmati momen sunrise dan sunset, kita tinggal tunjuk saja lokasinya. Berikut ini adalah beberapa lokasinya yang memiliki keindahan matahari terbit dan terbenam yang memesona.

Danau Toba, Sumatera Utara

 

Siapa pun bakal terbuai “daya magis” sunset nan elok di Danau Toba, Sumatera Utara.

(Foto: Barry Kusuma)

Danau Toba tepi samudera layaknya yang biasa menjadi lokasi perburuan pemandangan sunrise dan sunset. Namun, sejumlah titik di Danau Toba juga menjadi lokasi strategis untuk mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang indah.

Beberapa lokasi tersebut antara lain pantai Indah Situngkir, kampung Tigarihit, dan Lumban Gaol Sunset Beach atau Tambunan Sunset Beach. Jika penasaran akan keindahan lokasi ini saat matahari terbenam, saatnya merancang perjalanan wisata Anda dan pasangan untuk mengunjungi Danau Toba dan menikmati romantismenya.

Tanjung Lesung, Banten

 

Menikmati potret sunset di Tanjung Lesung bersama kekasih (Wonderfulimage.id/Azhari Setiawan)

Barangkali tidak banyak orang yang mengenal pantai yang berlokasi di Pandeglang, Banten ini. Padahal, keindahannya sungguh memanjakan mata. Pantai berpasir putih dengan laut biru jernih yang dangkal dan ombak lembut pastilah jadi idaman siapa saja. Belum lagi Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling di sini. Terumbunya tidak kalah indah dengan alam bawah laut di daerah lainnya.

Tanjung Lesung pun kondang sebagai destinasi pantai yang menyajikan pemandangan matahari terbit dan terbenam sekaligus. Ya, Anda dan pasangan bisa menikmati momen sunrise dan sunset di Pantai Tanjung Lesung.

Dieng, Jawa Tengah

 

Pemandangan supercantik saat fajar, diambil dari Dieng Bukit Sikunir ini sayang untuk dilewatkan.

(Foto: Barry Kusuma)

Kawasan dataran tinggi di Jawa ini memang paling pas buat kita untuk menikmati momen matahari terbit. Lokasi beken untuk mendapatkan pemandangan terbaik matahari terbit di Dieng adalah Bukit Sikunir.

Namun, tidak hanya Bukit Sikunir. Anda dan pasangan pun bisa menikmati pemandangan matahari terbit di Gunung Prau, Gunung Pakuwaja, Gunung Pangonan, atau Gardu Pandang Tieng.

Untuk mendapatkan panorama fajar terbaik, Anda berdua memang perlu melakukan sedikit pendakian ke bukit-bukit tersebut. Persiapan perjalanan sekitar 2 jam sebelumnya. Jangan lupa, kenakan pakaian yang tebal karena suhu udaranya mendekati 0 derajat celcius di Dieng.

Bromo, Jawa Timur

 

 

Pergi bersama pasangan dan menikmati fajar terbaik di Bromo (Foto : Wonderfulimage.id)

Menyebut pemandangan fajar terbaik, Bromo tidak terlepas dari benak. Hampir semua orang yang mengunjungi Bromo berusaha mendapatkan pengalaman menyaksikan matahari terbit terbaik.

Perbukitan dengan cekungan kawah-kawah, awan tipis yang menyelip di antaranya, dan langit jingga kemerahan berpadu warna nila sungguh menawan. Momen inilah yang tidak boleh Anda lewatkan bersama pasangan ketika mengunjungi Bromo.

 BACA JUGA: Nikah Romantis di Bali, Ini Lokasi Pilihannya

Tanah Lot, Bali

Siapa yang tidak jatuh cinta pada Tanah Lot? Spot terkenal di Bali ini seolah menjadi destinasi wajib bagi yang baru pertama kali menjejakkan kaki di Pulau Dewata.

Kawasan Tanah Lot memang unik. Lokasinya yang berada di semacam teluk yang dikelilingi perbukitan karang sungguh eksotis. Tanah Lot juga dikenal karena terdapat pura yang berdiri teguh di atas bukit karang yang menjulang di pinggir samudera.

Dengan segala keunikannya, Tanah Lot memiliki keindahan pemandangan matahari terbenam yang tiada duanya. Anda dan pasangan bisa menyusuri pantai saat senja dan menyaksikan bola matahari jingga yang seolah tampak perlahan tenggelam ke laut.

Meskipun tengah berwisata, sebaiknya Anda dan pasangan tidak lupa menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Menparekraf Sandiaga Uno juga kembali mengingatkan agar berwisata dengan tanggung jawab. Sandiaga menyebutkan di era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) yang saat ini dialami oleh masyarakat secara global harus disikapi dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, serta memperkuat kolaborasi. Saat ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif tidak bisa lepas dalam memberikan jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang tinggi akan produk dan pelayanannya.

Pemerintah saat ini tengah meningkatkan pemulihan ekonomi dan pemanfaatan digitalisasi pariwisata dan ekonomi kreatif, oleh karenanya Sandiaga dalam siaran pers (9/2/2022) berharap agar pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif tidak hanya memperkuat protokol kesehatan, juga harus mampu menciptakan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup dan memperluas lapangan pekerjaan. (WLD/VAL)

Ingin tahu lebih banyak informasi dan inspirasi mengenai ragam destinasi wisata dan ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja, follow akun IG @pesonaid_travel, dan Tiktok @Pesonaindonesiaofficial. Ikuti juga keseruan Pesona Punya Kuis (PUKIS) untuk dapatkan hadiah-hadiah menarik. Terapkan selalu protokol Kesehatan demi keselamatan bersama. Meskipun tengah berwisata, disiplinlah menerapkan 6M, mulai dari memakai masker yang tepat, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama. Bagi yang belum vaksin, jangan ragu untuk segera vaksin demi tercapainya herd immunity. Jadi, kita bisa saling membantu menjaga kesehatan dan kenyamanan orang di sekitar kita.

CM

(FDA)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini