Share

Geger Hiu Putih Mati Tergeletak di Pantai, Tumbal Perubahan Iklim?

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 08:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 406 2546777 geger-hiu-putih-mati-tergeletak-di-pantai-tumbal-perubahan-iklim-iaRuhKpvNJ.JPG Hiu putih mati terdampar di pantai (Foto: Facebook/Dana Rose)

SEEKOR hiu putih besar ditemukan mati di pantai setelah terdampar pada awal pekan ini. Predator menakutkan itu terlihat di Hatteras, Carolina Utara, Ame.

Melansir Mirror, foto-foto menunjukkan hiu itu terbaring tak bernyawa di pasir, lengkap dengan gigi setajam silet.

Penampakan hiu terdampar itu ditemukan Dana Rose ketika sedang mengumpulkan kerang di pantai. Saat itulah dia memutuskan untuk membagikan foto penemuannya yang mengejutkan ke media sosial.

“Menembak sekarang dan menggulung anak laki-laki besar ini! Robek tuan hiu. Tapi pikirkan saja ini yang berenang bersama kita! Ini lautan mereka, kami adalah pengunjungnya! Sangat keren untuk dilihat!” tulisnya dalam unggahan.

Unggahannya memicu spekulasi tentang bagaimana hiu menakutkan itu berakhir di pasir kering. Seorang pengguna mengatakan, ikan itu mungkin terperangkap dalam jaring insang yang dipasang di dekat pantai untuk menangkap ikan yang datang mencari makan saat air pasang.

Hiu Putih Terdampar di Pantai

(Foto: Facebook/Dana Rose)

Itu terjadi setelah seorang ahli hiu mengklaim seekor hiu putih besar terlihat di lepas pantai pantai wisata populer di Inggris awal pekan ini. Dalam sebuah foto yang diambil oleh James Venn, menunjukkan sirip khas di air oleh Goring-by-Sea, dekat Worthing, West Sussex.

Ia mengirim gambar itu ke nelayan hiu berpengalaman Graeme Pullen, yang mengatakan itu adalah hiu yang tak terbantahkan.

Selain itu, para ahli mengatakan, lebih banyak hiu putih besar akan segera menuju ke pantai Inggris, sebab suhu air meningkat karena perubahan iklim, dan tahun lalu setidaknya ada 10 penampakan di seluruh negeri.

Berbicara tahun lalu, Dr Ken Collins, dari Pusat Oseanografi Nasional, mengatakan, "Kemungkinan kita akan melihat lebih banyak hiu menyebar dari daerah yang lebih hangat seperti Laut Mediterania menuju perairan kita di Inggris selama 30 tahun ke depan,".

"Anda mendapatkan kulit putih besar di lepas pantai Afrika Selatan di mana airnya lebih dingin daripada di sini, dan saya tidak melihat alasan mengapa kita tidak boleh memilikinya di perairan kita," ujarnya.

Hiu Putih Terdampar di Pantai
(Foto: Facebook/Dana Rose)

''Saya tidak melihat alasan mengapa mereka tidak terlihat di sini, terutama di lepas pantai Cornwall di mana terdapat persediaan anjing laut yang berlimpah, makanan favorit mereka," tambah mereka.

Pada tahun 2021, terjadi 44 serangan hiu di seluruh dunia dan lima di antaranya berakibat fatal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini