Share

Sempat "Perawan", Negara Kecil di Pasifik Ini Akhirnya Bobol Corona Juga

Antara, Jurnalis · Selasa 15 Februari 2022 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 406 2546786 sempat-perawan-negara-kecil-di-pasifik-ini-akhirnya-bobol-corona-juga-GUrwm7FN3i.JPG Kepulauan Cook di Pasifik Selatan (Foto: Instagram/@poevaigarnier)

KEPULAUAN Cook, sebuah negara kecil di Pasifik Selatan yang belum pernah terjangkit Covid-19 di komunitas mereka, bersiap mengalami infeksi virus corona pertamanya setelah seorang pelancong yang terinfeksi berkunjung. Demikian disampaikan Perdana Menteri Mark Brown pada Minggu akhir pekan kemarin.

Pelancong dari Selandia Baru dikabarkan menghabiskan delapan hari di Kepulauan Cook hingga dilaporkan terkonfirmasi positif terpapar Covid-19 varian Omicron setelah kembali ke negaranya belum lama ini. Hal itu dikatakan Brown dalam sebuah video yang diunggah di halaman Facebook resmi pemerintah.

"Kemungkinan orang itu 'menularkan' sementara di sini dan selanjutnya kemungkinan virus itu ada di komunitas kami," katanya.

"Mungkin ada 'penularan diam-diam', di mana tingkat vaksinasi kami yang tinggi sangat protektif sehingga orang terkena Covid-19 tetapi sangat ringan sehingga mereka tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi," lanjut Brown dalam sebuah pernyataan.

Data resmi menunjukkan bahwa 99,6 persen dari sekitar 17.000 orang di negara kepulauan itu yang berusia 12 tahun ke atas telah divaksin ganda, dan 70 persen dari mereka yang memenuhi syarat telah mendapatkan suntikan booster.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kepulauan Cook melanjutkan kebijakan perjalanan bebas karantina dengan Selandia Baru sebulan yang lalu, setelah menutup diri dari dunia ketika pandemi melanda pada awal 2020.

Pada Desember, negara itu melaporkan satu kasus Covid-19 pada seseorang yang dikarantina setelah tiba dengan penerbangan repatriasi, yang tidak terpapar komunitas.

"Fakta bahwa kami memiliki persentase tinggi vaksinasi pada rakyat kami akan memberi kami perlindungan substansial dari penyakit serius," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini